OKI,  KabaRakyatsumsel.com-Wakil Bupati Ogan Komering Ilir, HM Djakfar Shodiq turut menghadiri Musyawarah Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) berlangsung di Hotel Beston Palembang. Rabu (11-03-2020).

Wabup Shodiq menjadi satu-satunya wakil kepala daerah yang tampak hadir langsung pada Kegiatan yang mengusung tema “20 Tahun FITRA : Kerja Kolektif Menuju Daulat Rakyat Atas Anggaran”

"Saya mengapresiasi agenda yang diselenggarakan FITRA sebagai wujud keseriusan kita mendorong pemerintahan yang baik (good governance) ungkap Shodiq di sela-sela diskusi publik  bertajuk  "Prioritas Pembangunan Daerah Dalam Penanggulangan Kemiskinan, Layanan Dasar, dan Kesejahteraan”

Sesuai dengan misi Gubernur dan Bupati OKI menurut Shodiq, Pemkab OKI sangat mendukung keberpihakan anggaran dalam penanggulangan angka kemiskinan.

"Karena ini sesuai target Gubernur dan Pak Bupati untuk panggulangan kemiskinan” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen FITRA, Ahmad Misbahul Hasan, mengatakan sejak berdiri 20 tahun lalu FITRA berkontribusi dalam tata kelola pemerintahan.

“Ini menjadi tantangan bagi FITRA dan juga masyarakat Sumsel. Banyak tantangan tata kelola pemerintahan yang ditemui mulai dari level desa, hingga nasional, untuk mencoba mewujudkan tata kelola pemerintahan transparansi, partisipatif, akuntabel, dan bersih dari korupsi,” katanya.

Menurutnya melalui transparansi maka akan terwujud partisipasi masyarakat dan juga akuntabiltas pengelolaan keuangan lebih terjamin. Oleh sebab itu, tambah dia FITRA  setiap 2 tahun sekali melakukan indeksing terhadap keterbukaan informasi publik terhadap dokumen-dokumen perencanaan.

Posting Komentar