MUBA Kabarakyatsumsel.com - Pembahasan sekaligus pembentukan panitia kegiatan Tri Lomba tingkat penegak se Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin (Kwarcab Muba) Kwartir Daerah Sumatera Selatan ((Kwarda Sumsel) dipandu oleh Kakak M. Sumadi MS SE., M.Si di Sekretarit Kwarcab Muba Jln. Lintas Sekayu Betung. Kamis, (20/02/20).


Setelah itu dilanjutkan dengan pembahasan sekaligus bentukan panitia kegiatan kemah budaya tingkat penggalang se-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin.

Berikut rapat pembahasan sistem kegiatan dan penilaian Kwartir Ranting terbaik tahun 2020 dan seksi tanya jawab dibantu oleh sekretaris kwarcab muba Kakak M Sumadi MS.

"Hari ini semua kita bahas baik itu kegiatan Tri Lomba tingkat penegak se Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin, kegiatan kemah budaya tingkat penggalang se-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin dan sistem kegiatan dan penilaian Kwartir Ranting terbaik tahun 2020 nanti", ujar kak M. Sumadi.

"Seperti kegiatan kema budaya penggalang se-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin ini Tentunya menjadi perhatian kita kerena nanti bulan Maret akan dilaksanakan, jadi kita udah bentuk kepanitiaan sekaligus kita melaksanakan rapat seluruh wakil dari kwarran Se-Musi Banyuasin yang dihadiri 15 perwakilan ranting se-Muba sekaligus menyetujui agenda untuk penilaian Kwartir Ranting terbaik di 2020",

"Tahun kemarin kita sudah melakukan banyak kegiatan dan dari kegiatan tersebut kita mendapatkan Kwartir Ranting terbaik di Musi Banyuasin, dan yang mendapat penghargaan katagori terbaik 1 yaitu Kwarran Sekayu dan mendapatkan hadiah juara terbaik 1 Se-Musi Banyuasin berupa  1 unit sepeda motor itu sudah kita serahkan beberapa waktu lalu di acara rakercab ke-III Kwarcab Muba tahun ini", kata kak M. Sumadi.

"Di tahun 2020 ini untuk yang terbaik itu Masih kita pikirkan hadiahnya kalau asumsi kemarin itu masih kita merencanakan mungkin hadiahnya satu unit mobil, mobil baru tapi yang sudah pernah dipakai, biar lebih bagus jika disebut mobil baru", ujar sumadi.

Masih kata kak M. Sumadi, "Dalam rapat ini kita sepakati dulu sistem penilaian, jadi sistem penilaian itu kita tetapkan semua sistem penilaiannya apa yang harus dinilai apa yang harus disiapkan. Jadi seluruh semua tau, artinya semua kwartir ranting itu paham dan mengerti apa yang harus dinilai dan sama-sama mengerti, berarti ini yang dinilai tidak ada lagi Oh ini harus yang ini oh ini, mungkin ada kecemburuan, ini berpendapat berasumsi lain. sekarang sudah jelas kategori penilaian dan sudah kita sepakati di 15 kwartir ranting, kepanitiaan dibentuk di SK kan, itu nanti di akhir akhir tahun di Desember 2020 tapi penilaian mulai dari Januari sampai desember, kategori yang dinilai disebutkan tadi kita bahas 1 1.

"Terkait kategori penilaian ada beberapa item yang pertama tentang susunan organisasi keberadaan kantor dan lain-lain", ungkap kak M. Sumadi.

"Di Pramuka ini tidak bisa maju dengan orang 1 orang 1 orang tetapi Pramuka ini di majukan bersama dengan seluruh komponen yang ada yaitu pemerintahan yaitu masyarakat entah itu dunia pendidikan entah itu dia wiraswasta, jadi Pramuka ini adalah milik bangsa Indonesia milik warga negara milik semua komponen", bebernya.

Manurut Kakak Wakil Ketua Bidang Pembina Dewasa (Wakabi Binawasa) Kakak H Qotrudin, M.Si, "Kalau di Pramuka ini sebagai ujung tombak adalah gugus depan-gugus depan, kalau di Musi Banyuasin berada di pangkalan sekolah artinya kalau sekolah itu melaksanakan kegiatan pembinaan kepramukaan maka akan dinilai maju, Kwartir Ranting atau kecamata tidak ada  tanpa  dan tanpa gugus depan, Kwartir cabang tidak tidak akan ada tanpa kuat ranting, Kwartir daerah tidak akan ada tanpa kuartir cabang dan seterusnya ada keterkaitan dan bentuk kerjasama samapai ketingkat nasional, maka gugus depan adalah Garda terdepan pembinaan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa kelak akan menjadi harapan kita menjadi anak penerus bangsa yang lebih baik dari generasi kita, itu saja terima kasih", tutup kak H Qotrudin.(Redi)

Posting Komentar