BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Siswa kelas XI telah kembali lagi bersekolah, yang sebelumnya menjalani Magang atau Praktek Kerja Industri (Prakerin) selama 3 bulan lamanya. Para siswa telah melaksanakan Prakerin di Dunia Usaha dan Dunia Industri yang telah menjalin kerjasama dengan SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III Kabupaten Banyuasin.

Setelah kembali dari Prakerin, para siswa diminta untuk membuat laporan Prakerin sebagai bentuk pertanggungjawaban mereka selama di tempat magang. Laporan tersebut juga untuk melihat apa saja yang mereka dapatkan dan kerjakan selama bekerja di tempat magang.

Siswa dalam pembuatan laporan tersebut akan dibimbing oleh para Guru Pembimbing. Setelahnya para siswa akan mempresentasikan hasil magang kepada Guru Penguji dan teman-teman se jurusan, atau yang disebut seminar magang (Prakerin).
Pelaksanaan seminar magang bagi Kelas XI TP. 2019/2020. Untuk hari terakhir dilaksanakan  pada Rabu (26/02) . Pelaksanaan seminar ini dilaksanakan di ruang rapat, yang berada di kampus SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III Kabupaten Banyuasin
Ragil Rahmat selaku penguji mengatakan bahwa tujuan dari seminar ini untuk mengkroscek penerapan ilmu atau pencapian ilmu saat anak-anak magang, supaya mereka tidak lepas dari kegiatan yang dihadapi di lapangan.

“Sehingga semua ini, baik dari magang maupun dari seminar ini membekali mereka ilmu ketrampilan atau ilmu pengetahuan yang benar-benar nyata,yang dihadapi sehingga nantinya bisa di aplikasikan saat dia bekerja di bidang pertanian”, kata Ragil.
Dikatakan Ragil bahwa sebelumnya telah melakukan seminar terhadap siswa jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan, Agribisnis Ternak Unggas, Teknologi pengolahan hasil pertanian, Multimedia dan hari ini terakhir siswa jurusan Agribisnis perikanaan yang diikuti 21 orang siswa.

Pada seminar magang ini jelas Ragil, ada 10 komponen sebagai dasar penilaian, seperti Kemampuan mempresentasikan dengan singkat jelas dan sistimatik, Kemampuan membuat media presentasi bahan tayangan, Menguasi materi kejuruan dengan baik, Penampilan kerapian dan kedisiplinan, Tampil dengan percaya diri.
Kemudian Kemampuan melakukan pembahasan dan menjelaskan keterkaitan teori dengan hasil praktek di lapangan, Kemampuan menarik kesimpulan, Keterampilan menjawab sesuai dengan pertanyaan, Kemampuan individu dan Kerja sama dalam kelompok.

"Kegiatan Prakerin merupakan syarat wajib siswa untuk dapat naik ke kelas XII, sehingga ujian seminar merupakan kesinambungan dari urutan kegiatan Prakerin, maka seminar ini wajib mereka laksanakan," tandas dia. (Suharni)

Posting Komentar