OKI, KabaRakyatsumsel.com – Sadzali Gelar Dahulu Ratu kembali terpilih menjadi Kepala Desa (Kades) Pulau Gemantung Induk periode 2020-2026 pada kontestasi pemilihan calon kepala desa (pilkades) serentak yang dilaksanakan di Desa Pulau Gemantung Induk Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Selasa (19/112019) kemarin.

Sadzali calon kades nomor urut 01 berhasil melampaui ketiga saingannya dengan perolehan suara sebanyak 605 suara.

Sementara Asmuni calon kades dengan nomor urut 2 yang menjadi saingannya hanya memperoleh sebanyak 232 suara, disusul Abdul Rozak calon kades dengan nomor urut 3 berhasil mengumpulkan sebanyak 183 suara dan Dody Pebri Yanto calon kades dengan nomor urut 4 hanya mengantongi 52 suara.

Dilansir dari Sumselterkini.co.id (edisi Selasa 19 November 2019), Nahrowi selaku ketua panitia pilkades Pulau Gemantung Induk mengatakan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di desanya berjumlah 1.199 pemilih. Dari jumlah suara tersebut, terdapat 1.082 suara sah, sedangkan sisanya 117 suara dinyatakan tidak dihitung lantaran sejumlah warga tidak menggunakan hak pilihnya.

“Terdapat sejumlah suara yang tidak digunakan lantaran tidak menggunakan hak pilihnya. Akan tetapi, secara umum, pilkades berjalan demokratis sesuai dengan peraturan, dan dari total surat suara yang digunakan hanya 10 surat suara yang dinyatakan belanko,” kata Nahrowi.

Nahrowi menambahkan, hasil akhir perhitungan suara menetapkan Sadzali calon kades nomor urut 01 menjadi kades terpilih periode 2020-2025 dengan perolehan suara terbanyak yakni sebanyak 605 suara.

Ia juga menjelaskan bahwa, Sadzali merupakan calon kades petahana yang kembali mengikuti kontestasi pemilihan calon kades periode 2020-2026.

Pria yang akrab disapa Pak lek ini juga berharap, dengan berakhirnya kontestasi pilkades tersebut, suhu politik dapat mereda setelah sempat memanas dalam beberapa hari sebelum pelaksanaan.

“Hasil perhitungan ini sendiri telah menetapkan kades baru pilihan warga langsung. Mari kita dukung dan bekerjasama dalam membangun kemajuan desa tanpa ada perpecahan antar kelompok atau pendukung demi desa kita tercinta,” tandasnya.( San )

Posting Komentar