Ads (728x90)

>




BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com - Dalam rangka meningkatkan semangat bela negara bagi generasi muda, Kodim 0430 Banyuasin menggelar Kegiatan Upacara Persami Saka Wira Kartika yang bertempat di Lapangan Makodim 0430/Banyuasin, Sabtu (16/11).

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada kegiatan Upacara Pembukaan kegiatan Persami tersebut Dandim 0430 Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran, ST., MM yang diwakili oleh Danramil 430-01 Pangkalan Balai Kapten Inf Zulkaderi dan dihadiri oleh para pembina beserta 80 orang anggota Saka Wira Kartika Kodim 0430/Banyuasin.

Melalui amanat yang dibacakannya, Kapten Inpantri Kapten Zulkadri mengatakan jika selama berlangsungnya Persami itu, para peserta akan dibekali tentang bela negara. Ia menilai, bela negara merupakan kewajiban dasar manusia, sekaligus kehormatan bagi setiap warga negara.

"Bela negara harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban demi bangsa dan negara (NKRI, red)," jelas Dandim 0430 Banyuasin yang disampaikan Danramil Pangkalan Balai 030 - 01 Kapten Inpantri Zulkadri saat menjadi Inspektur Upacara Persami tersebut.

Persami tersebut ujar dia, selain bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam membangkitkan semangat bela negara bagi generasi muda, juga bertujuan untuk menanamkan rasa persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

"Terutama dalam kegiatan yang bersifat aktif, kreatif, inovatif dan edukatif, dengan mengacu pada pola pembinaan gerakan Pramuka tersebut," kata Kapten Zulkaderi dalam penyampaiannya saat menjadi inspektur Upacara kegiatan pembukaan Persami.

Saka Wira Kartika jelas dia, merupakan tindak lanjut kebijakan Pimpinan TNI - AD dimana metode pembinaannya merupakan salah satu bagian dari implementasi fungsi Pembinaan Teritorial.

"Dan tentunya Pembinaan karakter bagi generasi muda ini merupakan tanggung jawab kita bersama, dan melibatkan dukungan segenap komponen bangsa, termasuk Pemerintah Daerah”, jelas dia.

TNI, kata dia, berperan penting dalam membentuk karakter pelajar. Itu sesuai, dengan apa yang sudah dituangkan di dalam UU RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

"Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara,  mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara," tegas dia.

Dirinya berharap kepada seluruh peserta Persami Saka Wira Kartika Kodim 0430 Banyuasin agar melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya guna memantapkan tekad kaum muda sebagai Patriot Pembangunan. "Seperti tercantum dalam Tri Satya Pramuka yaitu Ikut serta Membangun Masyarakat," tandas dia. (Suharni)

Posting Komentar