PALI, KabaRakyatsumsel.com--Ratusan Massa yang tergabung dalam koperasi Plasma Penukal Lestari(KPPL), Menggelar  Aksi Demo terhadap pihak  PT Aburahmi, kedatangan Massa tersebut menyampaikan delapan tuntutan, selain menyampaikan tuntutan  Para Pendemo juga akan memblokir aksesl jalan masuk menuju Perusahaan. 
Dari pantauan media ini dilapangan, aksi unjuk rasa  dilakukan didepan gerbang PT Aburahmi yang terletak didesa air Itam, kecamatan Penukal  Kabupaten Penukal Abab Lematang ilir(PALI), Tampak ratusan keamanan mulai dari pihak kepolisian, Satpol PP dan scurty siap siaga berjaga jaga dijalan nya aksi unjuk Rasa. 
Ketua Kordinator Demo, Ujang Efendi S. SOS, Mengatakan Bahwa KPPL meminta kepada pihak PT Aburahmi mengukur ulang  kembali  lahan plasma,untuk pembagian lahan berdasarkan pada perjanjian tahun 2006..
"Kita lakukan Aksi ini mempunyai tujuan kepada Perusahan agar merelasiasikan delapan tuntutan kami mulai dari yang pertama kami meminta ukur ulang kembali lahan perkebunan PT. Aburahmi inti dan plasma, kedua pembagian luas lahan harus 50 %-50 % Sesuai dengan perjanjian tahun 2006,lahan yang (efektif) secara Profisional susah ditanam, ketiga pengelolaan lahan petani plasma yang berumur 48 bulan harus diserahkan kepada petani plasma melalui koperasi plasma (koperasi Penukal Lestari), keempat pembagian hasil plasma  70%-30% 70% untuk pembayaran hutang dan 30% dibagikan kepada petani plasma, kelima tidak menerima addendum tahun 2016 pembuatan nya tanpa diketahui atau disosialisasikan terlebih dahulu dengan petani plasma,keenam Manajement PT Aburahmi/SPU harus bertanggung jawab sepenuh nya atas semua  kerugian petani plasma terhadap lahan yang terbakar, ketujuh lahan petani plasma harus sama  bersih nya dengan lahan Inti dan yang Kedelapan tenaga kerja harus diutamakan diutamakan dimasyarakat setempat, itu lah tuntuntan kami, sepulang dari sini kami juga akan menutup akses jalan menuju PT Aburahmi  sampai dengan tuntunan kami direliasasikan oleh Perusahan tersebut, "Ungkap Ujang kepada bebarapa awak media,Rabu (20/11). 
Dijelaskan Ujang bahwa sebelumnya lahan  telah diukur oleh BPN luas areal perkebunan 3250 hektar.  dibagi dua menjadi lebih dari 1610 hektar hak petani plasma.
" Nah yang buat kita bertanya tanya saat cek dilapangan angka tersebut tidak sesuai, dari itu kami Adakan aksi demo ini sekaligus meminta beberapa tuntunan kepada PT Aburahmi, jelas Ujang. 
Ditempat yang sama management PT Aburahmi membenarkan bahwa adanya aksi demo oleh anggota Koperasi Penukal Lestari sedangkan pihaknya menanggapi biasa saja terkait demo itu.
"Bukan hal yang aneh lagi perusahaan didemo itu termasuk hal biasa, mungkin saja pihak koperasi tidak puas maka nya adakan Aksi demo kesini," Ujar nya di bilangan kantor SPU PT Aburahmi.
‘’Kami juga akan mengadakan rapat dan akan kita putuskan 10 hari ke depan,’’ tegas Pandes Mimalulang mewakili pihak Management PT Aburahmi di hadapan sejumlah media.(Sendi) 

Posting Komentar