OKU Selatan, KabaRakyatsumsel.com-- Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. bersama Wakil Bupati Sholehien Abuasir,SP.,M.Si. hadir langsung dan meresmikan Gedung TK Negeri Percontohan Kabupaten OKU Selatan, Kamis (10/09/2019).

Bertempat di Pendopoan Gedung Dewan Kesenian, Peresmian Gedung TK Percontohan ini juga dihadiri oleh FKPD, Kasubbid Kemitraan dan Kelembagaan Direktorat Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Maryana,M.Si, Kepala BPPAUD Prov. Sumsel, Kepala BAN PAUD Prov. Sumsel, Ketua TP. PKK Kabupaten, Sekda, Para Kepala OPD, Para Camat dan Organisasi Wanita.

Dalam laporan Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonetasari Popo melaporkan, bahwasanya di TK Negeri Percontohan juga terdapat kelompok bermain dan tempat penitipan anak bagi anak-anak pegawai di lingkungan Pemkab OKU Selatan.

Isyana juga menambahkan keberhasilan pendidikan anak usia dini merupakan landasan keberhasilan perndidikan pada jenjang berikutnya. "bila seseorang mendapatkan pendidikan yang tepat bagi pertumbuhahan dan perkembangan jasmani dan rohaninya, ia akan memperoleh kesiapan belajar yang baik,"ungkapnya.

Terkait hal ini, bunda PAUD juga menyampaikan program kerja bunda PAUD yang telah dilaksanakan, mulai dari Pengukuhan Bunda PAUD di tingkat Kecamatan sebanyak 19 Kecamatan di Dewan Kesenian tahun 2017, Membuat Pokja Bunda Kabupaten, serta melakukan kerjasama secara berkala dan berkesinambungan, dengan berbagai lembaga dan organisasi untuk mewujudkan PAUD Berkualitas.

Dalam kesempatan ini Kasubbid Kemitraan dan Kelembagaan Kemendikbud Maryana,M.Si menjelaskan mengenai delapan standar dalam pendidikan PAUD:
1. Standar tingkat pencapaian dan perkembangan anak,
2. Standar isi pakar kurikulum
3. Standar proses perencaan, pelaksanaan dan evaluasi
4. Standar penilaian, 
5. Standar pendidik dan tenaga kependidikan,
6. Standar sarana dan prasarana,
7. Standar pengelolaan,
8. Standar pembiayaan.

Maryana juga mengatakan bahwa setiap anak mempunyai tingkat kecerdasan intelegensi yang berbeda, sehingga disarankan kepada para tenaga pendidik bisa lebih memahami hal itu.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati OKU Selatan, berharap dengan adanya gedung TK ini, kepada para pemerhati pendidikan usia dini dapat memahi model pembelajaran. Menerapkan kegiatan pembelajaran yang seimbang antara bimbingan guru dan inisiatif anak. 

Model pembelajaran menekankan pada dukungan pengembangan minat, potensi dan kekuatan anak. Sedangkan bermain dipandang sebagai kerja, sehingga anak diberi kesempatan untuk memulai dari pengembangan ide dan gagasan hingga tuntas menyelesaikan hasil karyanya.

Bupati juga menyampaikan bahwasanya Pemerintah Kabupaten OKU Selatan telah menghibahkan tanah seluas 5000 m² untuk pembangunan Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF). Kegiatan ini juga bertujuan untuk pengembangan SDM, yang nantinya dapat mengakomodir masyarakat yang belum mendapatkan layanan Pendidikan Formal melalui Jalur Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C maupun Jalur Kursus dan Pelatihan.

Selanjutnya setelah melakukan seremonial peresmian di Pendopoan Gedung Dewan Kesenian, Bupati OKU Selatan beserta rombongan menyambangi Gedung TK Negeri Percontohan untuk melakukan pemotongan pita penandatanganan Prasasti oleh Bupati OKU Selatan bersama Kasubbid Kemitraan dan Kelembagaan perwakilan dari Kemendikbud.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung oleh Bupati OKU Selatan bersama rombongan, untuk mengetahui apa saja yang masih diperlukan guna mendukung proses belajar dan mengajar di TK Negeri Perncontohan yang baru saja diresmikan.

Post a Comment