Palembang, KabaRakyatsumsel.com-3 Agustus 2019.Dalam benak kita tak asing lagi dengan kegiatan yang dilakukan oleh sekumpulan anak-anak pramuka, dari SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi pramuka itu identik dengan bernyanyi, bermain, dan bergembira.

Artinya kegiatan pramuka itu kegiatan yang menyenangkan, asik, riang dan gembira,

Namun demikian kegiatan pramuka biasanya juga tak lepas dari kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti bakti sosial, membantu pengamanan lalulintas,

Halnya yang dilakukan oleh Pramuka Mahasiswa dari salah satu Perguruan Tinggi Negeri  dikota palembang, mereka mengemas kegiatan pramuka dengan kegiatan yang melibatkan masyarakat langsung dan turun langsung ke masyarakat dengan tidak meninggalkan pramuka adalah riang gembira.

Kegiatan KARTIKA ini dilaksanakan di desa spantan jaya, kecamatan penukal, kabupaten penukal abab lematang ilir (Pali) bekerjasama dengan pemkab Pali dan kwartir cabang kabupaten Pali. Kegiatan ini berlangsung selama 8 hari mulai Minggu (28/07) sampai dengan Minggu (04/08)

Kegiatan bakti yang dilakasanakan oleh Pramuka Ambacana Raden Fatah Dan Nyi Ageng Malaka Pangkalan UIN Raden Fatah Palembang ini dinamakan KARTIKA XXII atau singakatan dari karya Bakti Pramuka yang telah dilaksanakan Sebanyak 22 Kali.

Kartika ini yang sekarang kami laksanakan ke 22 kali ini banyak sekali suka dukanya hingga akhirnya kami dapat melaksanakan kegiatan kartika dengan event yg lebih besar, dan Se-Indonesia ini kali pertamanya, kegiatan ini pertama kali bermula dari safari Ramadhan biasanya setiap 10 hari pertama atau akhir Ramadhan kami laksanakan yang dulunya hanya anggota Pramuka UIN saja pesertanya.

Kemudian berlanjut terus naik lagi sesumatera, kemudian sesumatera dan jawa, kemudian Regional dan alhamdulillah sekarang bisa sampai ke Nasional kegiatan ini, walaupun masih ada beberapa kawan-kawan pramuka yang masih belum berkesempatan hadir di KARTIKA XXII ini tutur Kak. Fajar Kamizi Mewakili pembina pramuka UIN raden fatah Palembang.

Kegiatan yang dilakukan meliputi, pertama kegiatan ceremonial yakni upacara pembukaan apel pagi dam sore dan upacara penutup, kedua bakti, bakti sendiri ada bersifat fisik dan nonfisik, seperti pembuatan tugu mengaji desa, pembuatan wc sekolah, wc masjid, kaligrari masjid dan banyak lagi itu untuk bakti fisik adapun untuk nonfisik yakni yasinan bersama masyarakat dan peserta setiap malam, pelatihan dan penyuluhan kesehatan untuk masyarakat dan peserta kegiatan.

Untuk peserta sendiri itu umum pewarkilan dari sekitar 20 provinsi ada yang dari SMA, MA, SMK, dan Perguruan Tinggi, dengan total peserta 1500 peserta Kartika tahun ini kami bagi dan menyeba. Oh ya disini peserta tinggal dirumah warga desa spantan jaya, dan alhamdulillah baik dari pemerintahan sampai ke warga desa sangat menerima kedatangan kami dengan baik.
semoga kedepan dapat bertambah baik lagi dari segi kwantitas maupun kwalitasnya, doakan saja. Semoga dapat menginspirasi kawan-kawan pramuka yang dari pangkalan lain juga bahwa tidak menutup kemungkinan Gugusdepan itu dapat melaksanakan kegiatan berskala Nasional. Tambah Fajar Kamizi.

Kegiatan KARTIKA XXII dihadiri dikti, kemenag RI dan dibuka oleh Waka Kwarnas Gerakan Pramuka.

Saya atas nama pribadi maupun mewakili Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kagum dengan kegiatan yang diadakan oleh Gudep UIN Raden Fatah, karena pertama di Indonesia gugusdepan yang mengadakan kegiatan bakti yg bersekala nasional, harapanya bisa lebih banyak gugusdepan yg mencontoh kegiatan yang dilaksanakan oleh gugusdepan yang berpangkalan di universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang saat ini tutur Waka kwarnas Gerakan Pramuka dalam pidatonya membuka kegiatan Kartika Minggu (28/07) lalu.

Mencapai puncak kegiatan biasanya akan ada banjir air mata karena orang tua angkat tempat peserta tinggal akan ditinggal oleh peserta selama kegiatan dan akan berpamitan pulang ke daerah, pangkalan masing-masing.
Selain kegiatan ini mengadopsi kegiatan bakti kepada masyarakat dalam bentuk nyata karya anggota pramuka sebagai inplementasi Tri Bina Pramuka Penegak dan Pandega dan juga Tri Darma Perguruam Tinggi yang salah satu isinya yaitu bakti kepada masyarakat.
Memang kegiatan ini dikemas dengan kegiatannya yang melibatkan masyarakat langsung sehingga akan sangat berkesan bagi masyarakat spantan jaya ketika menjelang akhir acara.
Malam ini kita akan laksanakan upacara penutupan kegiatan insyaallah pak bupati, kwarcab,  dan perwakilan unsur pimpinan UIN Raden Fatah Palembang akan turut hadir, ungkap Ariek Rizky Abdullah Salah satu Panitia kegiatan.

Oleh : Andre

Post a Comment