BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Melalui Dana Desa (DD) tahap kedua tahun 2019 Pemdes Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh prioritaskan untuk membangun pagar PAUD dengan volume 57 Meter. 

Hal ini disampaikan Kapala Desa Lubuk Lancang Rusdi Tamrin saat ditemui di Kantor Desa Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, Rabu (07/08).

Menurut Kades Rusdi Tamrin, bahwa pendidikan anak usia dini  yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai usia 6 tahun.," Untuk itu tempat pendidikan PAUD menjadi perhatian pemerintah desa Lubuk Lancang," kata dia.

Dana Desa (DD) ini jelas dia, bertujuan sebagai pedoman dan acuan bagi penyelenggaraan kewenangan, acuan bagi pemerintah daerah kabupaten/kota dalam menyusun pedoman teknis penggunaannya dalam dalam pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penggunaan.

"Sesuai peraturan tentang alokasi prioritas penggunaan ADD untuk tahun 2018, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendesa). Peraturan Menteri Kemendesa Nomor 19 Tahun 2017 (Permendes 19 Tahun 2017 ) ini mengatur secara detail tentang prioritas dana desa tahun 2019," ungkap dia.

Dikatakan dia, melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Ditambahkannya, pihaknya sangat mendukung pembangunan pagar PAUD tersebut yang mana sudah menjadi kesepakatan bersama. Menurutnya, pembangunan itu melalui DD  tahap ke dua, sepanjang 57 Meter.

Dalam penggunaan Dana Desa tahap kedua ini, Pemdes Lubuk Lancang tidak hanya membangun pagar PAUD, tapi juga membangun insfrastruktur jalan lingkungan dan penambahan anggaran BUMDES untuk pembuatan enam unit tenda dan 300 kursi.

Ya selain membangun pagar PAUD kita juga membangun 
jalan lingkungan dengan cor beton juga penambahan anggaran BUMDES untuk pembuatan enam unit tenda dan pengadaan 300 buah kursi," tandas dia. (Suharni)

Post a Comment