BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com-- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Ipuh, menggelar perlombaan panjat pinang bagi masyarakat setempat.

Lomba panjat pinang kali ini dikhususkan untuk anak - anak Desa Talang Ipuh, yang berlokasi di halaman rumah Kepala Desa Talang Ipuh, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, Minggu (18/08).

Lomba panjat pinang tersebut merupakan puncak acara dari rentetan kegiatan HUT Kemerdekaan ke-74 RI yang digelar Pemerintah Desa Talang Ipuh.

Pantauan media ini , masyarakat baik tua, muda, laki-laki dan perempuan, berbondong-bondong memadati lokasi panjat pinang yang ditempatkan di halaman rumah Kepala Desa Talang Ipuh.

"Perlombaan ini tidak lain sebagai ajang untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia," kata Kepala Desa Talang Ipuh Ardina, saat dibincangi media ini.

Kades Ardina berpesan kepada para peserta untuk mengikuti perlombaan ini dengan penuh semangat, antusias, dan tentunya rasa senang. Apalagi lomba panjat pinang pada hari kedua pada perayaan HUT RI ke 74, kata Ardina, dikhususkan untuk anak - anak.

"Perlombaan panjat pinang seperti ini dirasa sangat baik dilakukan, selain menghibur, di perlombaan ini bisa menjadi ajang saling tegur sapa antar masyarakat. Selain itu dapat menggambarkan betapa berat para pejuang kita untuk merebut kemerdekaan ini," ungkap dia.

Selain itu terang Kades Ardina, kegiatan seperti ini juga dapat menularkan semangat kemerdekaan bagi masyarakat khususnya warga Desa Talang Ipuh."Seperti yang kita lihat, betapa beratnya perjuangan anak - anak ini untuk bisa sampai keatas, itulah beratnya suatu perjuangan," tegas dia.

Sementara Ketua Panitia perayaan HUT RI Fahri Husaini mengatakan bahwa Panjat pinang, yang merupakan lomba ciri khas perayaan 17 agustus ini. Ada satu pohon pinang yang disiapkan oleh pemerintah desa Talang Ipuh dengan berbagai hadiah menarik bagi masyarakat. 

"Desa Talang Ipuh di bwah kepemimpinan Ardina, yang merupakan salah satu kepala desa muda dan enerjik dan dianggap memahami hati masyarakat, sehingga dalam merayakan HUT RI ke 74 ini selain lomba panjat pinang juga berbagai lomba lainnya yang telah kita laksanakan," kata Fahri.

Dikatakan dia, Pemerintah desa dan para pemuda desa berharap,  bahwa dengan perayaan kemerdekaan tersebut,  masyarakat dan pemuda dapat mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal yang positif, dan menunjukan prestasi sesuai dengan bakat masing-masing pemuda. 

"Selamat kepada para pemenang lomba panjat pinang,  semoga hari kemerdekaan dapat memberi manfaat bagi kita semua dalam membangun Desa Talang Ipuh ke depannya," ucap Fahri, sembari menambahkan bahwa pada Senin malam (19/08) akan ada pesta rakyat. (Suharni)

Post a Comment