Jambi, KabaRakyatsumsel.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si berharap agar olahraga pacu perahu Provinsi Jambi semakin maju. Harapan tersebut dikemukakannya dalam Perlombaan Pacu Perahu Tradisional dan Ketek Hias di Danau Sipin, Kelurahan Sungai Putri, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, Minggu (30/06/2019).

 

Perlombaan pacu perahu tradisional dan ketek hias tersebut diselenggarakan dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Pemerintah Kota Jambi Tahun 2019 serta Hari Jadi ke-618 Tanah Pilih Pseko Betuah.

 

"Lomba perahu tradisional diselenggarakan untuk menghibur masyarakat, juga sebagai bentuk latihan untuk prestasi di bidang olahraga dayung dan juga memiliki makna filosofi yang baik, mengajarkan kita untuk siap berkompetisi, dengan segala konsekuensinya, baik menang maupun kalah," ujar Sekda.

 

Sekda mengatakan, lomba perahu tradisional juga memberikan pelajaran, bahwa usaha keras dalam memperoleh kemenangan tidaklah mudah. "Kita harus berusaha keras dalam memperoleh kemenangan, perlu kekuatan, kecepatan, dan strategi yang baik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Semangat yang tinggi dan menjunjung sportivitas dalam bertanding sangat penting," ungkap Sekda.

 

"Lomba pacu perahu memberikan kemeriahan dan menyenangkan bagi masyarakat khususnya Kota Jambi dan sekitarnya. Untuk itu, saya berharap lomba perahu ini dapat menjadi agenda tetap, setiap tahunnya dilaksanakan di Danau Sipin ini," sambung Sekda.

 

Sekda mengatakan, pemerintah daerah terus mendukung olahraga pacu perahu. "Dengan dilaksanakannya lomba pacu perahu tradisional, kita  juga dapat mempromosikan wisata di Danau Sipin yang indah ini kepada pengunjung," kata Sekda.

 

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jambi yang telah menyelenggarakan lomba perahu tradisional sehingga dapat terlaksana pada hari ini," pungkas Sekda.

 

Sebelumnya, Walikota Jambi, Sy.Fasha menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang telah mendorong dan membantu terlaksananya lomba pacu perahu tradisional ini. "Hari ini kita melaksanakan uji coba pelaksanaan lomba pacu perahu tradisional  dan ketek hias di Danau Sipin untuk pertama kalinya,” kata Fasha.

 

"Kita buktikan bahwa Danau Sipin akan kita jadikan sebagai kawasan ekonomi wisata dan kawasan wisata air yang terbukti hari ini ada 18 perahu tipe A 10, tipe B 8 perahu, dan ketek hias 18 buah. Untuk tahun berikutnya, diharuskan ada peserta dari setiap OPD Pemerintah Kota Jambi," ungkap Fasha.

 

"Tahun depan, ketek hias harus lebih dari 50 peserta, setiap OPD diwajibkan mengirimkan utusan dalam mewakili masing-masing OPD, camat dan lurah juga harus kirim utusan, tidak ada main belasan lagi," sambung Fasha.

 

Selain itu, Fasha menyampaikan tigaa pesan kepada masyarakat yang berada di sekeliling Danau Sipin dan juga pengunjung Danau Sipin: pertama, untuk tidak membuang sampah ke Danau Sipin, apapun bentuk sampahnya. Kedua, jangan memetik pohon-pohon di sekitar Danau Sipin, karena baru ditanam dan mengajak untuk merawatnya bersama, Ketiga, jangan merusak dan mencoret yang sudah di bangun.

 

Lomba tersebut diikuti oleh pendayung dari seluruh kecamatan yang ada di Kota Jambi, kemudian DPRD dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Jambi.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, unsur Forkompimda Kota Jambi, Sekda Kota Jambi Budi Daya, para OPD Kota Jambi, camat dan lurah se Kota Jambi, dan para undangan lainnya. (Humas Pemprov Jambi) .

Post a Comment