BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan meningkatkan keahlian melalui Dana Desa, sangat di butuhkan untuk melangsungkan pembangunan demi kemajuan masyarakat desa. Potensi inilah yang dilakukan oleh Sukman Yadi selaku Kepala Desa Pulau Rajak, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin.

Dari Dana Desa (DD) Desa Pulau Rajak, masyarakat bisa mendapat lapangan pekerjaan melalui pelatihan Ekonomi Produktif yakni pelatihan ternak ayam dan pelatihan Las dengan sasaran pemuda desa. 

"Di harapkan dengan kelangsungan pelatihan ternak ayam dan pelatihan Las dapat meningkatkan kegiatan ekonomi desa dan menggerakan pendapatan masyarakat Desa Pulau Rajak.

"Insyaallah, nanti kedepan para peserta pelatihan bisa mengembangkn las listrik dan mandiri. dan Insya Allah BUMdes thn 2019 bisa untuk pengembangn las listrik dan ternak ayam," kata Kades Sukman Yadi saat ditemui media ini di Kantor desa, Rabu (24/07).

Dengan demikian dana desa yang telah diterima bisa untuk mengembangkan potensi yang ada di desa menjadi kegiatan ekonomi yang memajukan desa.Saya yakin setiap desa memiliki potensi yang dapat dikembangkan menjadi kegiatan ekonomi sesuai dengan sumber daya yang ada di desa. 

"Dan saya ingin dana desa dipergunakan untuk mengembangkan potensi tersebut menjadi usaha produktif yang bisa menggerakkan ekonomi desa, menciptakan banyak lapangan kerja dan usaha bagi masyarakat desa, mengurangi pengangguran dan kemiskinan," tegas dia.

Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif ini dimana  pelatihan Las dengan narasumber Bambang dari BLK dan Pelatihan Usha ternak ayam dari 
Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Betung dengan nara sumber Marsudi dan Dahlan Asibuan. Peserta di latih langsung untuk melakukan pengelasan dan ternak ayam dibawah arahan dari instruktur.

Menurut Kades Sukman Yadi, Pengelolaan dana desa yang baik tentu diharapkan bisa mendorong masyarakat desa untuk mengasah potensi dirinya. Dengan begitu, dapat meredam masyarakat untuk tidak keluar dari desanya.

Dalam pemanfaatan dana desa lewat program unggulan harus mampu membekali keahlian untuk mengembangkan potensi masyarakat. Dana desa harus mampu memberikan keunggulan komperatif bagi desa, dan meningkatkan perekonomian desa.

"Kita mengusulkan adanya integrasi vertikal, kalau ada program harus ada holdingnya. Maka dari itu, perlu membuat pelatihan yang sifatnya untuk pengelolaan jangka panjang,” tutur dia.

Kades Sukman Yadi juga mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan warga agar warga Desa Pulau Rajak bisa mengerti bagaimana cara berternak ayam yang benar dan cara mengelas dengan baik dan benar.

"Pelatihan ini diikuti sebanyak 120 warga Desa Pulau Rajak yang mengikuti pelatihan ekonomi produktif, sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian mereka,”pungkas dia (Suharni)

Posting Komentar