PALI,Kabarakyatsumsel.com,Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir(PALI) yang dikenal dengan sebutan bumi serapat serasan ternyata banyak memiliki ragam seni dari mulai dinasti candi bumi ayu, tarian tarian khas PALI Bahkan ciri khas makanan pun sudah ada, tanpa diketahui banyak nya khas makanan Kabupaten PALI yang buat orang ingin mencicipi nya.

Beragam makanan tersebut yaitu ikan segarlurung, peyek,keripik ubi, stick nanas, dodol nanas, sambel nanas, saos nanas, dan masih banyak yang lain nya. 

Hery Saputra, Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Kabupaten PALI, Mengatakan khas makanan PALI telah banyak diminati , bukan hanya orang asli pali, bahkan orang dari luar pali pun ingin sekali menikmati makanan tersebut. 

"Makanan yang menjadi khas sekarang yaitu ikan segarlurung selain ikan yang dibalut dengan daun pisang,campuran bumbu didalam nya menambah aroma dan sedap makanan tersebut,dengan harga yang terjangkau, sajian makanan itu dapat dinikmati dengan mudah," ujar nya,Rabu (31/7).

Di katakan Hery, pihaknya melalui dinas perikanan akan mengembangkan usaha ikan segarlurung,makanan yang  akan menjadi Aikon PALI tersebut nantinya di dominasi dengan bumbu khas nanas. 

"Ya rencana kita ikan segalurung  bumbu nya akan kita ganti dengan sambal nanas,sebisa mungkin kita ciptakan dua dominasi makanan ini menjadi nikmat dan lebih lezat  untuk dinikmati, paling tidak kalau dua makanan ini didominasi pemilik usaha nya pun dapat bekerja sama, dan mereka saling membutuhkan satu sama lain," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Pemkab PALI melalui Dinas Koperasi dan UKUm telah memberikan binaan ketujuh warga Talang Ubi untuk ikuti pelatihan ke Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah

"Tujuh orang ini merupakan ibu rumah tangga asal dari Talang ubi, mempunyai potensi mengelola buah nanas,dipilih ke Purbalingga karena disana banyak nya penduduk yang  menggelola buah nanas, selama 8 hari mereka disana dengan proses pelatihan yang cukup melelahkan dan baru kemarin pulang kepali, alhasil buah nanas tersebut menjadi makanan makanan ringan serta menarik," pungkas Hery. (sendi)

Post a Comment