BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com--Karena akan berkahirnya masa jabatan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pelajau yang lama dengan masa bakti 2013 - 2019, kali ini Pemdes Pelajau Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin kembali melakukan pemilihan calon anggota BPD yang baru.

Pemilihan ini dilaksanakan oleh panitia BPD Desa Pelajau secara serentak dari tiga dapil yang dilaksanakan dalam satu TPS yang berada di RT 006 dusun II Desa Pelajau Kecmatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, Sabtu (27/07).

Pemilihan ini di ikuti sebanyak 20 orang calon yang mana dari dapil 1 yakni, Nopriyadi, Abdul Aziz, Hendra, Abdul Rosik dan Wiwin Asefta. Untuk dapil 2 yakni, Fikri Abrori, Yusman, Muharam, Misnayati dan Yanto. Untuk dapil 3 yakni Ayub, Koharudin, Sahri, Topik Istora dan Dodi Noviyansyah. Sementara untuk calon keterwakilan perempuan yakni, Deliana, Herawati, Aniar Helda, Miki Sulia dan Leni Asmara.

Ketua Panitia pemilihan BPD Desa Pelajau Ali Azhar mengatkan banwa pemlihan ini dilaksanakan secara demokrasi dengan berdasarkan DPT dengan jumlah seluruh DPT 1089 mata pilih dengan rincian dimana untuk dapil 1 berjumlah 458 mata pilih.

Sedangkan untuk dapil 2 jumlah mata pilihnya sebanyak 305 mata pilih. Sementara untuk dapil 3 jumlah mata pilihnya sebangak 327 mata pilih. Dan jumlah mata pilih untuk keterwakilan perempuan berjumlah 566 mata pilih.

"Pemilihan ini nanti dari 3 dapil nanti calon yang terpilih akan kita ambil perdapilnya dimana dapil 1 diambil dua kursi, dapil 2 diambil satu kursi dan dapil 3 juga diambil satu kursi. Sementara untuk keterwakilan perempuan calon yang terpilih juga diambil satu, kursi' kata dia.

Lebih lanjut dikatakan dia, bahwa dalam proses pemilihan BPD ini, bagi pemilih laki-laki tidak di perbolehkan untuk memilih calon BPD dari perempuan tetapi untuk perempuan bisa memilih calon dari laki-laki karena sesuai dengan acuan Permendagri no 110 tahun 2016 tentang BPD, Perda no 2 tahun 2016 dan Perbup no 64 tahun 2019.

"Kami dari segenap jajaran panitia pemilihan BPD Desa Pelajau berharap pemilihan ini berjalan lancar, aman dan kondusif. Kepada calon yang terpilih jangan terlalu euforia dan bagi calon yang kalah harus legowo. Kami dari segenap panitia sudah bekerja dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku," tegas dia.

Sementara Kades Pelajau Edi Anhar berharap kepada calon BPD yang kalah harus menerima dan mungkin usaha belum maksimal dan juga menjadi pembelajaran masa yang akan datang

Juga bagi yang calon BPD yang terpilih lanjut dia, jangan terlalu euforia apalgi kedepannya beban sengat berat karena banyak visi misi yang harus dilaksanakan. "Oleh karena itu kepada BPD yang terpilih harus benar - benar bisa bersinergi dengan Pemdes Pelajau dalam membangun Desa Pelajau ini agar lebih baik lagi," ucap dia.

Sekarang pemilihan telah selesai jadi saya selaku Kepala Desa Pelajau janganlah terpecah belah dan jangan terkotak - kotak. Desa pelajau harus aman dan kondusif. "Beda pilihan itu sudah biasa yang penting tetap saling menghargai dan saling menghormati dan jagalah kamtibmas," pungkas dia sembari menambahkan bahwa pemilihan ini tanpa dukungan dari masyarakat tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

Ditempat terpisa Camat Banyuasin III Dra. Yuni Hairani, M.Si melalui Sekcam Banyuasin III Santo, S.Sos saat dikonfirmasi mengucapkan selamat kepada calon BPD yang sudah terpilih."Saya ucapkan selamat kepada calon BPD yang terpilih dan nantinya bisa bersinergi dengan Pemerintah Desa Pelajau.

Santo juga menjelaskan bahwa hari ini, Sabtu (27/07) di Kecamatan Banyuasin III selain Desa Pelajau ada tiga desa yang melaksanakan pemilihan BPD yakni Desa Pangkalan Panji, Desa Suka Mulia dan Desa Sribandung. (Suharni).

Inilah Lima Calon BPD Desa Pelajau yang terpilih dari tiga dapil dan keterwakilan perempuan

1. Nofriadi dan Wiwin (dapil satu)
2. Misnawati (dapil dua)
3. Topik Istora (dapil tiga)
4. Aniar (Keterwakilan    (perempuan)

Posting Komentar