SEKAYU Kabarakyatsumsel.com - Sekertaris Daerah (Sekda)Pemkab Muba Drs H Apriyadi MSi memastikan fasilitas dan sarana prasarana di rumah singgah Kayuara Musi Banyuasin akan memudahkan keluarga pasien.

Hal ini disampaikan Apriyadi Jumat pagi (26/7) saat meninjau langsung keberadaan rumah singgah yang lokasinya berada di kelurahan Kayuara jalur I tak jauh dari RSUD Sekayu.

Diketahui, Rumah singgah yang dikelola oleh dinas sosial tersebut diperuntukan bagi warga Musi Banyuasin (Muba)  kurang mampu ketika warga  berobat atau opname di rumah sakit yang keluarganya menunuggu namun tidak punya tempat menginap atau tidak mampu untuk menyewa penginapan.

"Oleh karena itu pemerintah Kabupaten  menyiapkan rumah singgah ini gratis untuk mereka sambil menunggu keluarganya yang sedang berobat di rumah sakit. Jadi tujuan daripada rumah singgah ini adalah untuk menampung keluarga-keluarga atau orang-orang yang menderita penyakit yang tidak mampu ya ditampung di sini," kata Apriyadi.

"Dengan catatan boleh menginap disini asalkan penyakit  tidak menular,  nanti kita minta rekomendasi dari pihak rumah sakit Bagaimana kondisinya Jangan sampai mengganggu keluarga-keluarga lainnya yang menginap disini," ucapnya.

Untuk fasilitas sendiri, Apriyadi menyebutkan sudah lumayan bagus,jika di bandingkan dengan penginapan rumah singgah ini setara Wisma Melati lah.

"Saya lihat kamar lumayan bagus, kasur bagus  sudah ada kipas angin ada kamar mandinya listrik air semua sudah layak.saya memberikan apresiasi kepada Dinas Sosial dalam hal ini kawan-kawan yang mengelola rumah singgah ini agar dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan lagi ke depan saya yakin ini adalah ladang amal bagi kita semuanya di samping bekerja kita juga akan mendapatkan pahala atas perbuatan yang kita lakukan"bebernya.
Ke depan lanjut Apriyadi, pihaknya akan lihat terlebih dahulu  memang dari rumah singgah yang dipersiapkan ini ternyata pengunjungnya banyak dan tidak tertampung mungkin kedepan akan kita tambah.

Yang jelas sekarang ini yang sudah punya ini adalah Dinas Sosial,bisa jadi kedepan mungkin jika memang ditempat singgah ini tidak lagi tertampung , pemkab akan menginisisasi menambah rumah singgah tapi mungkin dari Baznas.

" Insya Allah,jika memang banyak warga yang memanfaatkan rumah singgah ini dan sudah tidak tertampung akan bisa kita  tambah lagi, Kenapa tidak, sebab keberasaan rumah singgah ini ini sangat bermanfaat dan sangat membantu masyarakat Musi Banyuasin yang kurang mampu kalau yang mampu silakan mereka menginap di hotel. ke depan bukan saja masyarakat miskin Kabupaten Muba yang berusaha untuk mendapatkan fasilitas seperti ini, bisa jadi warga dari luar Muba, namun tapi kita tetap memprioritaskan Masyarakat Musi Banyuasin"imbuhnya.

Sementara, plt Kepala Dinas Sosial Ahmad Nasuhi menyambut baik kedatangan sekda yang meninjau langsung rumah singgah tersebut.

Dikatakannya, sudah menjadi tugas Dinsos untuk memberikan pelayanan terhada warga prasejahtera dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Sosial, dibawah kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin telah menyediakan rumah singgah bagi pihak keluarga atau pendamping pasien pra sejahtera yang sedang mendapatkan perawatan di RSUD Sekayu.

"Jadi di rumah singgah tersebut disiapkan  beberapa fasilitas kita sediakan 8 kamar untuk keluarga atau pendamping pasien yang sedang dirawat di RSUD Sekayu, mulai dari makan hingga untuk beristirahat bisa di rumah singgah ini," ungkap Kepala Dinas Sosial Muba, Drs Ahmad Nasuhi.

Pihaknya juga akan melakukan MoU dengan pihak RSUD terkait dengan didirikan rumah tersebut, diketahui rumah singgah terletak di Kayuara jalur I dekat dengan Lokasi RSUD Sekayu.

"Semoga rumah singgah ini dapat membantu meringankan beban pasien dan keluarga dalam berobat, karena terkadang masyarakat kebingungan di dalam  mencari tempat tinggal sebelum dan setelah melakukan pengobatan di rumah sakit," pungkasnya.(ril humas muba.Rdi)

Post a Comment