BANYUASIN,kabarakyatsumsel.com  -- Dana desa, yang bersumber dari APBN untuk desa begitu mengeliatkan kegiatan pembangunan desa, serta turut mendongkrak swadaya masyarakat hingga pelosok.  

Sejalan dengan implementasi Undang-Undang Nomor 6/2014 tentang Desa, lewat penyaluran program dana desa (DD) asal sumber APBN tersebut, tak sedikit desa yang mengimplemantasikannya kepada sisi manfaat terhadap kebutuhan masyarakat desa.

Seperti  halnya Desa Meranti Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin membangun jalan lingkungan yang berlokasi di dusun I dan dusun III dan dusun IV yang bersumber dari Dana Desa tahap pertama dan tahap kedua.

Menurut Kepala Desa Meranti Imam Santoso mengatakan bahwa pembangunan tersebut sudah terealisasi untuk pembanguna jalan lingkungan dengan cor beton sepanjang 700 M dengan lebar 2,5 M dan ketebalan 12 CM.

"Anggran tetsebut baru tahap 1 dan tahap 2 serta sudah terlaksana hampir 50 persen tinggal menunggu proses pembuatan dokumen Surat Pertanggungan Jawaban (SPJ) atas penggunaan anggaran tersebut dan menunggu pencairan tahap selanjutnya," kata Kades Imam Santoso, Senin (23/07).

“Kami bersyukur dengan adanya Dana Desa (DD) sangat membantu untuk Pembanguna jalan yang rusak di Desa kami,dan sangat mendorong perubahan pemdes di Desa Meranti," ucap Kades Imam.

Kades Imam juga menuturkan, dengan dibangunnya jalan lingkungan ini memudahkan akses masyarakat dalam meningkatkan hasil pertanian." Dan dengan adanya jalan lingkungan tersebut, desa ini semakin berkembang," tutup dia.

Dilain tempat Kadus dusun II Iden Saleh menambahkan, adanya anggaran Dana desa sangat membantu jalannya roda pembanguna di Desa Meranti dan kami bersama masyarakat Desa Meranti sangat berterima kasih kepada pemerintah dan jajaran pemerintah Desa Meranti.

"Karena dengan adanya anggaran Dana desa sangat membantu dan antusias warga senang karena yang tadinya jalan dilingkungan pada rusak sekarang sudah bagus,"ujar dia. (Suharni)

Post a Comment