PALEMBANG, KabaRakyatsumsel.com -- Berdasarkan Perbup No. 175 tentang Pedoman Pelaksanaan dan Penggunaan Sistem Informasi Geospasial Kabupaten Banyuasin dan Perbup No. 61 tahun 2017 tentang Pedoman Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

Dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)  Kabupaten Banyuasin, melalui Bidang PDIPS melalui Kasi Pengelolaan Data dan Statistik bekrjasama dengan Tim Portal Data menyelenggarakan kegiatan Rapat Rapat Koordinasi Portal data dan Satastik sektoral. Acara yang dilaksanakan di Hotel the 1O1 Palembang. Senin (24/06)

Kegiatan tersebut di buka secara langsung Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banyuasin Aminudin, S.Pd., S.IP., MM didampingi Kepala Bidang PDIPS, Rina Wati S.Sos, Perwakilan dari BAPPEDA Banyuasin, Narasumber dari WRI Indonesia wilayah Sumsel, Chandra Irawadi Wijaya, S.Hut., M.Sc serta dihadiri peserta perwakilan OPD di wilayah Pemkab Banyuasin.

Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banyuasin Aminudin, S.Pd., S.IP., MM dalam sambutannya mengatakan SIMBANGDA Banyuasin memiliki peran dalam mewadahi data dan informasi yang dimiliki oleh seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Banyuasin dalam sebuah sistem berbasis penyimpanan terpadu, yang dibutuhkan untuk mendukung proses pembangunan daerah berkelanjutan.

Oleh karena itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin telah bekerjasama dengan Tenaga Ahli Tim Portal Data yang dibentuk dibawah Bidang Pengelolaan Data Informasi Publik dan Statistik Kabupaten Banyuasin untuk mensukseskan kegiatan ini.

Kami sangat berharap pengelolaan data dan informasi menggunakan SIMBANGDA yang telah kami inisiasi bersama rekan-rekan Tim Portal Data Banyuasin dapat terus berjalan secara berkelanjutan, karena data dan informasi yang valid dan terkelola dengan baik merupakan syarat mutlak dari kesuksesan suatu perencanaan pembangunan daerah. Adapun yang menjadi fokus utama dalam rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi ini adalah terkait data spasial.

Chandra Irawadi Wijaya, S.Hut., M.Sc selaku narasumber menjelaskan bahwa  Tim Portal data merupakan tim yang dibentuk oleh Diskominfo untuk mengumpulkan data-data terkait Geospasial dan data statistik yang didapat dari OPD di Wilayah Kabupaten Banyuasin.

Adapun yang menjadi tujuan dari pembentukan Tim Portal Data adalah untuk mengumpulkan data-data untuk pembangunan Kabupaten  Banyuasin sesuai dengan Visi dan Misi Bupati, data-data yang didapat kemudian akan di publikasi ke portal data simbangda.banyuasinkab.go.id. (Adm)

Post a Comment