Kayu agung, KabaRakyatsumsel.com---- hiburan tiap tahun selama  idul fitri, yang merupakan  naek seedboat(  setempel ).

Itulah yang setiap tahunnya dilakukan warga di Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Setiap Lebaran tiba, belasan bahkan puluhan speedboat atau sering disebut stempel, bersiap di Sungai Komering, Kayuagung, untuk mengangkut warga yang ingin merasakan sensasi menggeber kecepatan di atas air. Bahkan, aktivitas ini menjadi hiburan favorit warga Kayuagung dan ditunggu-tunggu setiap Idul Fitri tiba dan telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu.

Aref, salah seorang warga Kayuagung mengungkapkan, kebiasaan naik stempel ini bisa dibilang sudah menjadi tradisi. “Ini jadi salah satu hiburan yang ditunggu setiap tahun. Apalagi keberadaannya cuma sampai hari Lebaran kelima.” katanya.

Seperti yang terlihat minggu (09/06), banyak warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang menyewa speedboat ini. Bahkan, pakaian yang basah setelah “kebut-kebutan” dengan speedboat tak mengurangi minat warga lainnya untuk naik stempel.
Meski mengasyikkan dan memberi sensasi berbeda, namun masih ada yang perlu dibenahi yaitu faktor keamanan dan keselamatan. Pasalnya, saat menaiki speedboat atau stempel ini, penumpang tidak dilengkapi dengan live jacket maupun pelampung.
“Kalau kecelakaan ada beberapa kali dalam setiap tahun apalagi ini stempelnya cepat. Pernah terjadi tabrakan, tapi lebih sering kecelakaan tunggal karena terbalik kena hantaman ombak stempel lainnya,” terang Aref.

Aktivitas bagi penggemar kecepatan ini cukup terjangkau biayanya. Untuk satu putaran dengan jarak sekitar 4 kilometer, biaya sewa stempel yang dipatok berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.
“Jaraknya lebih kurang 2 kilometer, jadi satu putaran lebih kurang 4 kilometer,” ujar Ali, salah seorang sopir stempel.

Masih kata Ali, stempel ini kebanyakan datang dari Palembang khusus untuk disewakan sebagi hiburan para wisatawan di Kayuagung. “Kalau selesai (Lebaran) ini, biasanya kembali (narik) ke Palembang,” katanya. (san )

Post a Comment