PRABUMULIH, KabaRakyatsumsel.com-Masih dalam rangka apel sesuai cuti bersama dan dilanjutkan dengan Halal bihalal jajaran Pemerintah Kota Prabumulih, Senin (10/6) dilanjutkan dengan Pelantikan Sekda Kota Prabumulih yang kini disandang Elman ST. Dalam pelantikan ini, Forkopimda Kota Prabumulih tampak hadir.

Walikota Prabumulih Ridho Yahya langsung memimpin acara pelantikan. Dalam sambutannya Ridho berharap Sekda baru dapat bekerjasama terkait dalam hal mendukunjg program Pemkot Prabumulih serta menjadi contoh baik buat ASN bawahannya.

"Apapun bentuk jabatan yang ada, jangan dicari atau diminta. Karena jabatan yang diterima melalui jenjang karir. Saya ucapkan terima kasih kepada Drs H Asymuni Hambali MPdI sebagai Pelaksana Tugas Sekda," terang Ridho.

Elman ST sendiri sebelumnya menjabat Kepala Bappeda Kota Prabumulih dan merupakan putra kelahiran Prabumulih. Namun, disisi lain dengan dilantiknya Elman ST ini tampak jelas aroma suksesi kepemimpinan di Prabumulih sudah dimulai.

Salah satu sumber KabaRakyatsumsel.com yang tak disebut namanya menjelaskan, hal ini terlihat dari siapa yang dilantik menjadi Sekda Prabumulih definitif, setelah ditinggal M Kowi yang memasuki purnatugas.

"Ada bebeapa nama yang mengikuti Assesment jabatan Sekda diantaranya Heriani (Sekretaris DPRD Kota Prabumulih) dan Elman ST (Kepala Bappeda) yang akan dilantik usai Lebaran.Keduanya merupakan putra asli kelahiran Kota Prabumulih," jelas sumber ini blak-blakan. Hal ini menurutnya, karena Ridho Yahya tak mungkin lagi mengikuti kontestasi Pilkada Prabumulih, karena sudah terpilih dua periode. "Tinggal Wakil Walikota Prabumulih yang nantinya merupakan incumbent, yang akan mengikuti kontestasi Pilkada 2023 mendatang," lanjutnya.

Bahkan menurutnya lagi, suksesi kepemimpinan di Prabumulih pada Pilkada 2023 mendatang tampaknya akan diikuti oleh figur-figur mumpuni yang akan bersaing dengan incumbent. "Namun, patutlah sama-sama kita sadari, bahwa pejabat dan ASN Pemkot Prabumulih tak usah ikut berpolitik praktis dan dukung mendukung salahsatu calon, karena netralitas ASN sangat perlu dikedepankan," himbaunya.

Tentu, kontestasi Pilkada Prabumulih 2023 mendatang sangat menarik, karena Prabumulih sudah kadung dianggap lahan basah mengeruk pundi-pundi uang. Banyak figur-figur yang dianggap mampu menggantikan Ridho Yahya memimpin Prabumulih mendatang.(bmg)

Post a Comment