PALI,Kabarakyatsumsel.com - Demi Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, hingga ke pelosok desa, Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Penukal Abab Lematang ilir PALI,Pada januari 2019 lalu, telah Bentuk Team Public Safety Center(PSC) 119.

Plt.Kepala Dinas kesehatan(Dinkes), Kabupaten PALI, Lydwirawan SKM, Melalui Dokter Zamir, Kordinator Publik Safety Center(PSC) 119, Mengatakan dibentuk nya PSC bertujuan Untuk melayani masyarakat lebih baik lagi, bahkan 24 jam Siap melayani.

"Kalau dulu sifat nya secara pasif artinya berobat datang sendiri, na kalau sekarang Team PSC yang akan jemput bola, Karena disetiap puskesmas sudah ada Team kami, 
contoh Saat terjadi kecelakaan didesa babat misalnya, puskesmas terdekat yang akan reaksi cepat dalam penanganan medis, saat dikabari lewat via telpon mereka akan jemput bola dan datang kelokasi Kejadian," ujarnya, Kamis (20/6/2019).

Dijelaskan Zamir Team PSC untuk diwilayah kecamatan talang ubi yang beckup langsung  dinas kesehatan, dibantu oleh puskesmas talang ubi, serta puskesmas sungai baung. 

"jika ada kejadian diwilayah talang ubi team ini lah yang akan menangani nya,Yang terdiri dari 1 dokter, 3 perawat, 1 bidan, Dan 1 sopir ambulance, sama hal nya dengan Team PSC dipuskesmas, mereka juga akan jemput bola kelokasi kejadian. 
"Tukas nya. 

Zamir menuturkan bahwa Team PSC saat ini masih menggunakan Armada dari dinas kesehatan, Karena belum ada anggaran untuk mempunyai armada sendiri. 

"Insyallah tahun depan akan ada sendiri armada untuk team PSC, karena akan segera dianggarkan," tutur nya. 

Lebih lanjut Zamir menerangkan bahwa untuk Tenaga medis sendiri harus punya kopentsi tambahan dari dokter, bidan maupun perawat yang terlibat di dalam PSC dan merupakan syarat mutlak untuk bidang kegawat daruratan, jadi tentu harus mempunyai kompetensi tambahan.(sendi)


Post a Comment