PALI, Kabarakyatsumsel.com,Pembukaan Bimbingan manasik haji tingkat kabupaten Penukal Abab Lematang ilir(PALI) Tahun 1440 Hijriah, 2019 Masehi, acara Berlangsung Dimasjid Al-Muchlisin komperta pendopo, Senin (17/6/2019).

Acara dihadiri oleh, kanwil. kemenag provinsi Sumsel, H.M Alfajri Sabidi,S, PD.,MM.,M.
Pd.I,KA,Kepala Bank Sumsel Babel,Ketua MUI, Asisten III Pemkab PALI Ruswani SH,Para Jamaah calon haji, beserta tamu undangan. 

H.Hasanudin S, Ag, M.H.I Kepala kementrian Agama(Kemenag) Kabupaten PALI dalam kata sambutan nya menyampaikan terima kasih, atas kehadiran bupati PALI yang diwakili asisten III. 

"Dengan adanya perwakilan dari Pemkab PALI acara akan segera dibuka,Kegiatan ini juga sudah dimulai dari jam 10 pagi tadi tapi hanya untuk materi singkat saja, pada jam 2 siank ini, Pembukaan nya, serta nanti akan ada nara sumber yang menjelskan secara detail tentang kegiatan manasik haji. 
"Tutur nya. 

Dijelaskan hanasudin bahwa kegiatan bimbingan manasik haji kemenag yang adakan, ada 10 hari manasik haji, 2 hari ditingkat Kabupaten dan 8 hari ditingkat kecamatan. 

" Tingkat kabupaten kita mulai hari ini, dan berlangsung sampai besok, sedangkan tingkat kecamatan ada 8 hari, untuk di kabupaten diadakan dimasjid Al-Muchlisin komperta Pendopo,  untuk di kecamatan diadakan dimasjid suhada komplek handayani Pendopo,ada 30 peserta calon haji terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan,manasik haji juga dilakukan tiap hari dari 17 juni sampai dengan 26 juni. 
"tandas nya. 

Hasanudin berharap 30 calon haji  dapat su gguh sungguh mencernah dan mengetahui pelajaran dari manasik haji. 

" kita sangat inginkan mereka bisa mandiri saat disana nanti,minimal sudah tahu apa saja kegiatan yang dilaksanakan selama 40 hari ditanah suci. 
" harap nya. 

Sementara itu Asisten III H.Ruswani SH dalam sambutan nya menyampaikan permohonan maaf karena bupati pali tidak bisa hadir di kegiatan manasik haji tingkat kabupaten," beliau sedang ada tugas diluar kota, Jadi saya diperintah untuk mewakili beliau menghadiri kegiatan  ini 
" Terang nya. 

Di depan puluhan calon haji Ruswani mengatakan bahwa mereka(CHJ) harus bersyukur, karena tahun ini bisa berangkat haji, banyak yang mau berangkat akan tetapi ditunda. 

" Manfaatkanlah kesempatan ini,karena untuk menjadi calon haji butuh waktu puluhan tahun, untuk itu siap kan lah mental dan fisik kalian, serta ikuti lah manasik haji dengan serius, itu lah bekal kalian saat dimekkah nanti, setidak nya kalau sudah ikuti manasik  dengan telaten akan tau beberapa cara saat berada disana," tandasnya.

Ruswani pun berpesan kepada CHJ yang masih muda, saat disana jaga CHJ yang sudah lanjut usia, jangan ditinggalkan. "Jutaan orang disana, tolong perhatikan rombongan kalian, kegiatan apapun nantinya jangan sampai terpisah. Yang muda harus menjaga yang sudah lanjut usia," pungkasnya.(sendi)


Post a Comment