BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Kabar gembira dimana perangkat desa gajinya akan di setarakan dengan PNS golongan IIA. Hal ini sudah final yang mana berdasarakan PP Nomor 47/2015 tentang Perubahan atas PP 43/2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang (UU) 6/2014 tentang Desa. 

Seperti dikutif dari beritasatu bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui permintaan perangkat desa yang mengusulkan kenaikan gaji setara pegawai negeri sipil (PNS) golongan IIA. Pemerintah kini menyiapkan regulasi teknisnya.

Jadi tidak ada pembatalan janji dari Bapak Presiden. Justru Bapak Presiden setuju dengan aspirasi perangkat desa, gaji setara 100 persen golongan IIA. Sudah final, masuk dalam revisi peraturan pemerintah.

Terkait dengan hal tersebut, Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si melalui Kasi PMD Haryanto, SH., M.Si, mengatakan bahwa wacana ini memang sudah final. "Namun kita saat ini masih menunggu Peraturan Bupati Banyuasin (Perbup)," kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (27/06).
 
Dia juga menjelaskan bahwa terkait dengan wacana ini Kepala Desa harus membuat Struktur Organisasi Tata Kerja (STOK)." Dan kalau desa itu desa swadaya berarti harus ada 2 Kasi dan 2 Kaur dan kalau desa itu desa swasembada/ swakarya berarti 3 Kaur dan 3 Kasi," kata dia.

Mengacu kepada PP tersebut lanjut dia, dalam pengangkatan perangkat desa ada mekanismenya yakni desa membentuk panitia dan pendaftaran perangakat desa ada pemberkasannya.

"Bagi yang sudah berumur 42 lewat sehari saja tidak bisa lagi diterima karena batasan umur dari 20 - 42 yang boleh mendaftar dan pendidikan minimal SMA/ sederajat dan ini nanti akan diadakan tes," ujar dia.

Menurut Herianto, bahwa wacana ini sudah disampaikan dengan para Kepala Desa." Kita sudah menyampaikan wacana ini dengan para Kepala Desa dan sekarang kita masih menunggu Perbupnya," imbuh dia. (Adm)

Post a Comment