PALI, KabaRakyatsumsel.com-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir(PALI) yerus melakukan program perpustakaan keliling, dari sekolah sekolah hingga kedesa desa yang ada di Kabupaten PALI. 

Agen Alaedi, Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan daerah, (PALI), mengatakan Perpustakaan keliling  dilakukan setiap harinya,untuk mensuplai buku bagi peminat pembaca. 

"Untuk saat ini sudah  banyak sekolah dan desa yang sudah di datangi oleh pihak kami, dan buku pun diserbu oleh masyarakat, mengingat belum ada nya tempat  pojok baca sehingga saat datang nya perpustakan keliling, peminat pembaca  sampai rebutan mengambil buku untuk dibaca," ttur nya,jumat (14/6/2019).

Di akui Agen bahwa di PALI ini banyak orang yang minat membaca buku, tidak hanya anak sekolah saja, bahkan orang tua juga masih ada yang senang membaca buku. 

"Terbuktinya karena banyak sekolah dan desa yang meminta buku, untuk yang meminta kami dahulukan dan yang tidak nanti kami juga akan datangi, mengingat buku baca dikedinasan kami nhe sedikit 
Ditambah lagi kendaraan perpustakaan keliling terbatas, jadi mau tak mau buku itu secara bergiliran memakai nya, bagi yang meminjam diberi waktu 3 bulan setelah itu buku dikembalikan," tukasnya

Lanjut Agen pihaknya sejauh ini sudah mengajukan proposal, kepada PT Medco Energi untuk Pinjaman Motor Pintar(Mopin).Namun sampai saat ini belum ada kabar. 

"Sudah berapa bulan yang lalu kami mengusulkan untuk meminjam kendaraan tersebut, namun hingga detik ini, belum juga dipinjamkan  padahal Mopin itu 5 buah, 2 dipinjam masyarakat, 1 nya dipakai Komunitas tujuh pilar, yang dua nya masih belum dipakai,dari pada barang itu tidak dipakai lebih bagus dimanfaatkan dan dipinjamkan," tandas Agen. 

Dirinya berharap  semakin banyak nya minat pembaca buku akan banyak 
Masyarakat yang pintar, dan akan menghasilkan remaja remaja yang cerdas untuk ikut membangun Kabupaten PALI ini," tutupnya.
(Sendi).

Post a Comment