BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Terkait Permasalahan dugaan pencemaran lingkungan oleh limbah PT Bintang Agung Persada (PT. BAP) ternyata menjadi perhatian pihak eksekutif di Kabupaten Banyuasin dan juga menjadi perhatian dari pihak Legislatif Kabupaten Banyuasin.

Setelahsebelumnya permasalahan dugaan limbah PT BAP direspon cepat Bupati Banyuasin, Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Emi Sumirta pun menyampaikan, agar pemerih perlu melakukan pengkajian ulang terkait izin amdal PT. BAP.

Tidak hanya PT. BAP diharapkannya sejumlah perusahaan lainnya pun di Kabupaten Banyuasin harus menjadi perhatian pemerintah.

“Terima kasih atas respon Bupati Banyuasin yang begitu cepat, terkait permasalah yang dialami masyarakat. Tapi saya harapkan pemerintah tidak hanya perintahkan dan menerima hasil saja," kata Anggota DPRD Banyuasin Emi Sumitra pada media ini, Senin (20/05).

"Kami minta agar pemerintah melakukan pengkajian ulang terhadap izin amdal yang ada, seperti yang diharapkan masyarakat disana," lanjut Emi Sumitra.

Menurut Emi, kita juga harus bijak dalam meletakan pokok permasalahannya pada tempatnya. Karena menurut saya masalah ini bukan di hilir tapi ada di hulu, mulai dari proses dari awal proses perijinannya.

"Saya rasa tidak hanya di Wilayah Tanjung Api-Api yang mengalami masalah seperti itu. Sejumlah wilayah lainnya pun banyak terindikasi menyimpan masalah, seperti halnya di Kecamatan Talang Kelapa pun sama," jelas dia. 

Jika kita sedikit mengulas kebelakang terang Emi, adakah proses perijinan industri yang ada di Kabupaten Banyausin ini tidak pernah mengalami penolakan dari masyarakat ? semuanya pernah ! Terutama wilayah Talang Kelapa dan Tanjung Api-api.

"Tapi semuanya tetap berjalan, izin yang diberikan terkesan paksakan. Jika terus dibiarkan akan menjadi bara dalam sekam suatu saat akan terbakar dan yang dirugikan tetaplah masyarakat banyak," tegas dia.

"Saya pribadi selaku anggota DPRD Kabupaten Banyuasin, sangat menaruh harapan yang besar kepada pemerintah saat ini, baik Bupati maupun Wakil Bupati Banyuasin periode ini, agar melakukan perbaikan dan pembangunan sesuai dengan visi misi nya Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera,” tambah Emi.

EmiSumirta pun menyampaikan, diharapkan dalam waktu dekat ini masyarakat menunggu action dari Banyuasin Bangkit untuk benar-benar menurunkan jajarannya kelapangan, tidak hanya retorika dan seremonial saja. 

"Sebagai bagian dari penyelenggara pemerintahan pihaknya pun akan mendukung penuh tindakan dan langkah pemerintah selama dalam koridor yang benar untuk kepentingan masyarakat banyak," pungkas dia. (Adm)

Post a Comment