BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com-- Sebanyak 23 orang Penyuluh Agama dari berbagai perwakilan terbaik masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Banyuasin mengikuti ‘Kompetisi Penilaian Penyuluh Agama Islam (PAI) PNS dan Non PNS Teladan Tahun Anggaran 2019’ yang digelar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuasin, Senin (20/05).

Acara tersebut di buka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Banyuasin H. M. Arkan Nurwahiddin melalui Kasubbag TU H.  Iskandar Mahyudin yang di dampingi Kasi Bimas Islam H. Lukman, Kasi Pakis H. Hamdan dan staf Bimas Islam Irwansyah.

Seleksi Penyuluh Agama Islam teladan ini di ikuti sebanyak 23 orang peserta  yang terdiri dari 20 orang Penyuluh Agama Islam non Pns dan 3 orang Penyuluh PNS.

Kepala Kantor Kemenag Banyuasin yang di wakili H. Iskandar Mahyudin dalam sambutannya mengatakan bahwa seleksi ini akan berlanjut di kirim seleksi di tingkat provinsi Sumatera Selatan. " Kita tidak hanya menunjuk saja, akan tetapi seleksi sesuai dengan juknis yang ada," tegasnya.

Untuk mencapai prestasi, lamjut dia, pentingnya penyuluh agama adalah sebagai penyambungan lidah Kemenag Kabupaten Banyuasin di masyarakat."Hal ini adalah terkait informasi Palit akurat resmi dari Pemerintah perlu disampaikan ke masyarakat luas adanya informasi datang dari Kemenag Kabupaten Banyuasin," ungkap dia.

Sementara itu jelas dia, Tim penguji akan menguji melalui seleksi standar juknis nasional. Tim penguji 1. H.M. Arkan Nurwahiddin 2. H. Iskandar 3. H. Hamdan 4. H Lukman menguji mulai dari presentasi, Materi, makala Dan wawancara.

Dia menegaskan, sebagai upaya meningkatkan kompetensi dikalangan Penyuluh Agama khususnya Penyuluh Agama Islam (PAI) PNS maka berdasarkan petunjuk tekhnis (juknis) dari Dirjend Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Pusat) maka disetiap Daerah Kabupaten/Kota juga harus melaksanakan seleksi pemilihan Penyuluh Agama Islam teladan baik PNS dan Non PNS.

"Sesuai dengan jadwal yang telah disebar keseluruh KUA disetiap Kecamatan bahwa hari ini seluruh delegasi Penyuluh Agama Islam baik ASN dan Non ASN dari berbagai Kecamatan mengirimkan delegasinya untuk mengikuti Kompetisi Penyuluh Agama Islam (PAI) teladan Tingkat Kabupaten Banyuasin.

"Hasil seleksi Tingkat Kabupaten Banyuasin ini nanti, bagi yang berhasil meraih predikat terbaik juara satu maka berhak mewakili Kabupaten Banyuasin di level Provinsi Sumatera Selatan,” ungkap dia.

Sementara itu, salah satu peserta Kompetisi Penyuluh Agama Islam teladan menuturkan, dirinya dengan segala upaya dan kemampuan skill yang dimilikinya, optimis bisa berkompetisi dengan memberikan terbaik atas lawan-lawan kompetisinya.

“Tentu kami sebagai delegasi Penyuluh Agama Islam Non PNS intinya selalu siap berkompetisi dan siap memberikan terbaik untuk Kabupaten Banyuasin,” tutupnya dengan penuh optimis (Adm)

Post a Comment