BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com - Terkait masalah pemilu 2019, Aliansi Perabumulih Menggugat (APM) melakukan aksi Unras di Bawaslu Provinsi Sumsel Kelurahan Jakabaring Selatan Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, Senin (20/05) pukul 10.40 WIB.

Terkait dengan hal tersebut, Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pienm,S.IK, terjun langsung ke TKP Pimpin giat Pengamanan dan Sitkamtibmas Aman, Tertib dan Kondusif.

Dalam aksi tersebut dipimpin oleh Koordinator Lapangan (Korlap) Dimas dan Koordinator Aksi (Korak) Dedek Caniago dengan jumlah Massa sebanyak kurang lebih 200 orang.

Dalam pelaksanaan aksi damai tersebut, para peserta aksi menggunakan mobil komando Pick-Up (BG 9997 BB )  peserta aksi long march dengan membawa Pengeras Suara, Banner, dan Spanduk yang bertuliskan, Usut Tuntas money politik caleg PKB dapil 6, Minta Kejelasan dan diusut tuntas, Tidak akan diam agar Permasalah diselesaikan Bawaslu Sumsel dan tolong Bawaslu jujur dan Adil untuk menegakkan aturan money politik.

Dalam aksinya Korlap APM Dimas menyebutkan bahwa kedatangan mereka ke Bawaslu Sumsel menanyakan temuan Bawaslu Muara Enim yang tidak ada tindak lanjut. Dan ketegasan Bawaslu Sumsel terhadap temuan dari Aliansi Prabumulih yang belum ditindak lanjuti oleh Bawaslu Muara Enim.

Adapun tuntutan kepada Bawaslu Sumsel yaitu dimana, Meminta Kepada Bawaslu Prov. Sumsel segera menindak Bawaslu Kabupaten Muara Enim sehubungan adanya laporan dugaan pelanggaran pemilu legislatif (money politik) yang dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten Muara Enim namun hingga saat ini laporan tersebut belum ada penyelesaian yang jelas. Dan meminta Bawaslu Sumsel memecat Bawaslu Muara Enim.

Pada Pukul 11.05 WIB, perwakilan massa sebanyak 7 orang yakni Dedek Chaniago, Sutarsono, Dede Indra, Aliansyah, Rahmat, Dimas dan Abu Meri
diterima oleh Ketua Bawaslu Sumsel . Iin Irwanto, ST, MM didampingi oleh Komisioner Bawaslu Sumsel Syamsul Alwi, Junaidi, SE., M.Si, Iwan Ardiansyah, SH, Plh Kasek Bawaslu Sumsel Karlisun, SP., MM dan Kasubag Bawaslu Sumsel Tirta Arisandi.

Diksempatan itu Dede Caniago menngungkapkan bahwa tujuan datang kesni untuk meberitahu Bawaslu Prov bahwa ada indikasi permainan di Bawaslu Muara Enim. Pada bulan April 2019 ada temuan rekaman Caleg DPRD Prov. Sumsel dari PKB No 1 Dapil 6 (istri Wabup Muara Enim) yang melakukan politik uang.

"Kemudian viral di medsos dan media online, namun temuan tidak dilanjutkan oleh Bawaslu. Sampai saat ini temuan tersebut tidak ditindaklanjuti oleh Bawaslu Muara Enim jadi meminta Bawaslu Prov agar memproses temuan tersebut," ujar dia.

Menanggapi hal tersebut Ketua Bawaslu Prov. Sumsel Iin Irwanto mengatakan bahwa besok pada pukul 08.00 WIB, akan memanggil Bawaslu Muara Enim untuk menindaklanjuti adanya temuan/laporan tersebut dan meminta hasilnya. "Hasil temuan akan disampaikan dengan melalui pres rilis Bawaslu Prov. Sumsel," kata dia.

Kemudian pada pukul 11.50 WIB, Para pengunjuk rasa membubarkan diri dan kegiatan berlangsung aman , tertib dan kondusif .Adapun pengamanan aksi unras di Bawaslu Provinsi Sumsel ini dikawal , dijaga ketat oleh Ratusan Personil Polres Banyuasin dan BKO Personil Polda Sumsel dibawah pimpinan langsung Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem,S.IK. (Adm)

Post a Comment