BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com-- Beredar Viral video serta foto semburan minyak menjulang tinggi melalui pesan Whatsapp. Hal ini membuat tim media ini mencoba mencari kebenaran serta dimana tempat kejadian semburan yang keluar dari dalam tanah tersebut.

Setelah berupaya melakukan pelacakan dimana lokasi peristiwa itu terjadi tim mendapat info dari warga bahwa kejadian tersebut berada di dusun IV Air Menyan Desa Keluang Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin.

Kejadian itu dibenarkan Kepala Desa Keluang Robin Har bahwa ada kejadian semburan minyak diwilayah desanya. "Ya benar pak TKPnya Dusun IV Air Menyan, Desa Keluang Kecamatan Tungkal Ilir, beberapa hari lalu dan kejadiannya lebih kurang sudah 4 hari yang lalu," kata Kades Robin.

Menurut Kades Robin, saat kejadian hari itu juga pihak pertamina, langsung turun melakukan upaya penambelan pipa minyak Pertamina yang bocor dan sekarang sudah tidak ada lagi semburan minyak.

"Tinggal sekarang warga yang kena dampak limbah mengharapakan ada kepedulian dari pertamina atas peristiwa semburan minyak akibat pipa bocor, mungkin bahasanya dana konpensasi lah yang pasnya," ungkap dia.

Memang warga yang dibilang terkena dampak ada beberapa rumah namun yang paling parah rumah pak Kosasi yang rumahnya menjadi sasaran langsung semburan minyak. "Sebagai pemerintah desa, pihaknya hanya mempasilitasi apa yang jadi keinginan warganya bisa direalisasikan pihak pertamina," kata dia.

Tempat terpisah Humas Pertamina wilayah Bantanyan Iskandar, menuturkan pihaknya bertanggung jawab penuh atas peristiwa tersebut.

"Ya kami perwakilan dari pertamina sudah berkomunikasi dengan pemerintah setempat dan masyarakat yang terkena semburan minyak, berupaya mencarikan solusi agar warga mendapatkan bantuan dan itu kita usulkan ke manajemen pusat," ujar Iskandar.

Warga terdampak sebagian sudah sepakat mengenai besaran nominal dana konpensasi, namun pada dasarnya peristiwa dalam hal ini pertamina bertanggung jawab.
Disinggung penyebab boncornya pipa pertamina Iskandar mengakui itu murni disebabkan pipa keropos. (Adm)

Post a Comment