Ads (728x90)

class="separator" style="clear: both; text-align: center;">

BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com– Masyarakat Desa Sungai Dua Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin menggelar acara Sedekah Pedusunan untuk menyambut bulan suci ramadhan.Jum'at (26/04).

Acara adat yang tetap lestari meskipun sudah zaman melinial dan modern ini dihadiri oleh Camat Rambutan Ahmad Rosyadi yang mewakili Bupati Banyuasin H Askolani, SH., MH. Acara dipimpin langsung oleh Kepala Desa Muslim, Ketua Adat Jelani Dul Muit serta disemarai dengan Saropal Aman Seni Desa Sungai Dua.

Acara ini sangat antusias disambut masyarakat, hal ini bisa dilihat dari masyarakat yang berbondong-bondong mengikuti acara rutin tahunan yang dilaksanakan untuk menjalin silaturahmi,dan menyambut bulan suci Ramadhan tersebut.

Dalam sambutannya, Camat Rambutan Ahmad Rosyadi berharap adat sedekah pedusunan ini terus dijaga dan dilestarikan. Karena ini manfaatnya sangat baik dalam menjaga kebersamaan.

 "Apalagi di zaman modern ini, adat yang masih bisa bertahan itu sudah sangat sedikit sekali, maka adat sedekah pedusunan ini harus terus dilestarikan sampai kapanpun, “ungkap Ahmad Rosyadi.

Sementara, Kades Desa Sungai Dua Muslim mengungkapkan bahwa acara sedekah pedusunan ini merupakan adat leluhur yang tetap lestari karena memiliki makna yang sangat baik yakni mewujudkan rasa duka cita dalam menyambut bulan ramadhan dan tentunya untuk mempererat tali silaturahmi antar warga.

“Didalam acara sedekah pedusunan ini juga ada bacaan dan doa sehingga diharapkan dalam menjalankan puasa ada keberkahan dan kemudahan, “kata Kades Muslim dalam sambutannya.

Tokoh Pemuda Sungai Dua Fathur Rahman mengatakan bahwa acara adat Sedekah pedusunan ini digelar setiap tahun menyambut bulan ramadhan. Dimana masyarakat membawa rantang khas desa dengan berisikan nasi gemuk dengan telor, serta makanan pendukung lainnya yang nantinya akan dimakan secara bersama-sama.

Selain itu, kata dia, menjelang memasuki bulan suci Ramadhan, Masyarakat juga melakukan tradisi mengambil Air Keramas. "Bagi Masyarakat, Ramadhan merupakan bulan yang suci dimana mereka harus bertaubat sekaligus berharap keselamatan dan mendapat berkah,” ujar dia. 
Adm)

Post a Comment