BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com-- Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, S.IK, hadiri HUT Sat Pol PP Ke -69 ,Satuan Linmas ke - 57 dan Pemadam Kebakaran ke 100, tahun 2019, di lapangan Upacara Pemkab Banyuasin, Selasa (02/04) pukul 08.30 WIB.

Inspektur Upacara dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Banyuasin  H. Slamet Sumosentono, SH, dan selaku Perwira Upacara Dr. Miswa, M.Si serta selaku Komandan Upacra Abdul Aziz Tambrin, SH 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Sekda Banyuasin Drs. H. M. Yusuf, M.Si, Wakil Ketua DPRD Banyuasin Heriyadi HM Yusuf, SP, Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, S.IK, Kejari Banyuasin yang diwakili Kasi Datun Hendro Riski Ezuardi, SH., MH.

Juga hadir Kodim 0430/ Banyuasin yang diwakili Pasi Log Kapten Inf Panca Aguang, Danki Kiban Yonzikon 12/kj Kapten Czi Azep Cutla Mabulo, Wadanyon Arhanud 12/SBP Mayor Arh M. Alfarisi, Bawaslu Banyuasin Bidang Penindakan Zulkifli, ST, 
Asisten I Dr. Ir. H. M. Senen Har, S.IP, Asisten II Ir. Kosarudin, MM.

Kemudian Asisten III Dr. H. Ali Sadikin, Para Ka. OPD, Satpol-PP dan Damkar Banyuasin yang berjumlah lebih Kurang 500 orang, kemudian peserta upacara terdiri dari  Sst1 SMA Negeri 1 Banyuasin, Sst Polres Banyuasin Sst Yonzikon 12 Kj, Sst Kodim 0430 Banyuasin,Ton Satpol-PP, 2 Ton Satpol-PP.

Selanjutnya 1 Ton Damkar, 1 Ton Satlinmas, 1 Ton Dishub Banyuasin, 1 Ton Tagana Banyuasin, 1 Ton BPBD Kesbangpol, 1 Ton PNS/Korpri, 
1 Ton PGRI, 1 Ton Non PNS/THL dan 1 Ton AKN Banyuasin.

Wabup H. Slamet, S, pada kesempatan tersebut membacakan Tertulis Bapak Menteri Dalam Negeri dalam rangka Memperingati HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-100, HUT Sat Pol PP ke-69  dan HUT Sat Linmas ke-57 Tahun 2019. 

Peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-lOO, HUT Sat Pol PP Ke-69, dan HUT Sat Linmas Ke-57 mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa.

"Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan, dalam upaye mewujudkan ketentraman dan keteniban umum serta perlindungan masyarakat," katanya.

Menurut Wabup, Pertama melakukan penguatan kapasitas kelembagaan penyelenggaraan sub umsan kebakaran dan penyelenggaraan sub urusan ketenyaman dan ketertiban umum.

Kemudian Pembentukan Dinas Pemadam Kebakaran yang mandiri dan tidak bengabung dengan perangkat daerah lainnya, penguatan Sat Pol PP dan Linmas menjadi sebuah keniscayaan seiring tugas fungsi dan tanggung jawab yang diemban.

Pembentukan sebagai dinas yang mandiri berpedoman pada hasil pemetaan umsan sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 94 Tahun 2016. Kedua, melakukan penguatan kapasitas sumber daya aparatur. 

"Secara kuantitas terpenuhi kebutuhan aparatur. secara kualitas teljamin kompetensi aparatur melalui berbagai pendidikan dan pelatihan, termasuk didalamnya kan‘er dan kesejahteraan aparatur," katanya. 

Ketiga, melakukan penguatan kapasitas sarana dan prasarana penunjang dalam pelaksanaan tugas fungsi. "Dalam ha! ini terutama sarana prasamna untuk proteksi aparatur dan penyelamatan masyarakat. Keempat, alokasi anggaran yang memadai bagi pencapain target Standar Pelayanan 11," tukasnya.



Sementara Kasat Pol PP Damkar dan Penyelamat Anthony Liando mengatakan bahwa atraksi anak-anak dilatih oleh Zikon 12 Desa Langkan, selama 14 hari yang lalu. Alhamdulillah pertunjukan mereka memukau.

"Jadikan momen Ultah ini sebagai semangat dalam bekerja, jangan puas diri dengan capaian yang ada, serta ikut membantu visi dan misi Bupati Banyuasin Bangkit, adil dan Sejahtera," katanya. (Adm)

Post a Comment