BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Guna memberikan rasa aman, jaran Sat Lantas Polres Banyuasin pada, Kamis (07/03) yang dimulai dari pukul 19.00 WIB, telah melaksanakan giat Blue Light Patrol dan Patroli malam guna antisipasi kemacetan serta mencegah lakalantas.

Blue Light Patrol dan Patroli malam tersebut dilaksanakan pada beberapa titik, yaitu, 
Kota Pangkalan Balai, Kecamayan Banyuasin III, Jalan Lintas Palembang - Kayu Agung, Sungai Pinang, Kecamatan Banyuasin I, Gerbang Batas kota KM. 12, Kecamatan Talang Kelapa.

Selanjutnya simpang Talang Keramat, Kecamatan Talang Kelapa, Jalan Lintas Palembang TAA, Kecamatan Tanjung Lago, 
Desa Bukit s.d Simpang Tugu Polwan, Kecamatan Betung dan 
Desa Sembawa s.d Musi Pait, Kecamatan Sembawa.

"Patroli Malam hari di tujuakan pada wilayah yang berpotensi terjadinya  pelanggaran lalu lintas, rawan macet dan rawan kecelakaan, seperti di persimpangan jalan dan jalur padat lalulintas," kata Kasat Lantas Polres Banyuasin AKP Sukiman, SH, saat dikonfirmasi. Jum'at (08/03).

Dikatakan dia, bahwa melalui kegiatan Blue Light Patrol ini, Satuan Lalu Lintas melakukan pantauan arus lalu lintas dan melakukan pengaturan serta peneguran kepada para pengguna jalan yang masih melakukan pelanggaran.

Saat ini jelas dia, masih di jumpai pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm ganda pada saat berboncengan, mungkin mereka merasa pada malam hari tidak terlalu padat seperti siang hari.

Juga lanjut dia, masih banyak pelanggaran yang di jumpai  dan dilakukan pengendara diantaranya adalah menggunakan kendaraan sepeda motor namun kondisi lampu utama dan lampu rem tidak menyala dan lampu sign tidak berfungsi sempurna.

"Kami tetap mengedepankan giat pre-emtif terhadap para pelanggar tersebut, dengan memberikan teguran dan mengingatkan pentingya kelengkapan kendaraan untuk dipakai (helm) serta kelengkapan sepeda motor seperti lampu utama, lampu rem dan sign dipasang demi keselamatan diri pengendara maupun orang lain,” ujar dia.

Pergelaran Blue Light Patrol yang dilakukan Satuan Lalu lintas dengan cara menyalakan Lampu rotator (Blue Light) yang ada pada kendaraan dinas Satuan lalu lintas baik roda 2 dan roda 4, selanjutnya menyusuri ruas-ruas jalan yang padat lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kemacetan dan laka lantas.

"Kegiatan Blue Light Patrol rutin dilakukan setiap malam, hal ini untuk mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengguna jalan serta untuk memantau arus padat lalu lintas yang rawan Laka lantas," jelas dia.

"Saat pelaksanaan Blue Light Patrol oleh anggota Sat Lantas, anggota juga melakukan pengaturan, patroli jalur padat lalin dan memberikan himbauan disiplin dan tertib berlalu lintas,” tandas dia. (Adm)

Post a Comment