BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com - Satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Unggul Negeri, Kabupaten Banyuasin meremncanakan akan menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tahun pembelajaran 2018/2019. UKK akan diselenggarakan sekitar bulan April 2018.


Jumlah siswa yang bakal mengikuti UKK digelar bulan April nanti sebanyak 72 siswa terdiri dari lima jurusan, diantaranya jurusan, Agribisnis Teknologi Pangan (ATP) sebanyak 26 siswa, Perikanan sebanyak 8 siswa, multi media sebanyak 23 siswa pengelolaan hasil pertanian sebanyak 19 siswa.

“Hanya jurusan Ternak Unggas tidak mengikuti ujian, karena siswanya tidak ada. Namun pihak sekolah tetap memberlakukan jurusan tersebut, walau peminatnya kurang,” tegas Kepala SMK Unggul Negeri 2 Banyausin III, M Nuh melalui Wakil Kurikulum Firmasyah. S.Pd.

Dia menjelaskan, bila tidak ada halangan UKK akan diselenggarakan bulan April nanti, sebab yang menentukan UKK sekolah sendiri, pemerintah hanya mengihimbau agar UKK tidak bisa dilakukan diatas pertengah Aperil.  “Kita akan menggelar UKK sekitar 8 hingga 13 April 2019,” ujar dia.

UKK kata dia, merupakan UKK sebagai bentuk ujian praktek bagi siswa untuk mengukur komptensi, sehingga pihak sekolah mendatangkan penguji dari dunia usaha yang memiliki sertifikat.  Selain untuk dasar kelulusan siswa, UKK juga digunakan untuk menunjang keterampilan siswa sebagai bekal saat sudah lulus nanti.

“UKK dilaksanakan selama dua hari mulai hari Senin tanggal 10 dan Hari Selasa tanggal 11 April 2018. Hanya saja, UKK diberlakukan bagi siswa yang belum memiliki sertifikat uji komptensi, bagi yang sudah ada tidak perlu lagi, karena sertifikat tersebut menjadi acuan sekolah untuk menilai kompetensi siswa.

UKK juga sebagai penjamin mutu pendidikan di masing-masing satuan pendidikan SMK, sebab dilaksanakan UKK bertujuan untuk mengukur pebcapaian kemampuan siswa pada level tertentu selama menjalani pendidikan di SMKN 1 Suak Tapeh selama tiga tahun lamanya.

Dalam pelaksanaan UKK  SMK tegas dia,  berlandaskan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) 2017 tentang Operasional Standar Penyelenggaran Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018. Makanya UKK memang sudah menjadi landasan sekolah untuk menguji kompetensi siswa. (Adam)

Post a Comment