BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com — Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet, SH membuka Apel Pendidikan Dasar (Diksar) Anggota Pemadam Kebakaran Kabupaten Banyuasin di Lapangan Kantor PBK Kabupaten Banyuasin, Senin (21/01). Wabup Slamet bertindak sebagai Pembina apel yang diikuti 64 peserta.


Dalam amanatnya, Wakil Bupati Banyuasin berharap Pemadam Kebakaran Kabupaten Banyuasin agar tanggap, cepat dan efisien dalam penanggulangan bencana kebakaran. 


Dirinya juga berharap pertugas dapat bekerja dengan penuh kedisiplinan, ketekunan dan kesabaran. "Bisa bekerja dalam Tim dengan penuh kebersamaan yang erat sekaligus membentuk jiwa korsa yang peka dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat," ujar Wabup.


Ia menilai, semakin banyak masyarakat yang tahu dan mengerti cara memadamkan api akibat dari kebakaran, diharapkan dapat memperkecil terjadinya bahaya kebakaran. Tugas pemadam kebakaran bukanlah pekerjaan yang mudah yang dapat dilakukan oleh sembarang orang walau sekilas terlihat sepele. 

"Pekerjaan seorang petugas pemadam kebakaran menuntut persyaratan khusus, baik dari segi fisik, mental, keterampilan petugasnya dan juga taktik strategi yang harus diterapkan dalam operasi pemadaman," katanya.


Petugas pemadam Dakaran wajib memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana cara melakukan kegiatan pencegahan bahaya kebakaran dan bagaimana cara mengoperasikan peralatan penanggulangan atau pemadaman kebakaran secara cepat, tepat dan benar.



Disisi lain, sebagaimana diketahui meningkatnya jumlah penduduk di Kabupaten Banyuasin, berarti pula meningkatnya jumlah perumahan dan permukiman serta pembangunan fasilitas gedung baik untuk perkantoranmaupun perdagangan.

"Namun disayangkan hal tersebut
belum diimbangi dengan ketersediaan sarana dan prasarana pemadam kebakaran serta jumlah personil pemadam kebakaran yang masih terbatas dibandingkan luas total wilayah Kabupaten Banyuasin," tukasnya.


Dikatakan Kepala Sat PolPP, Damkar dan Penyelamatan Drs. Anthony Liando, M.Si kegiatan Diksar merupakan salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan serta meningkatkan keterampilan dan kemampuan Petugas, membina sikap fisik, mental, disiplin petugas Damkar.



Anthony membeberkan Diksar diikuti 64 peserta terdiri dari 28 peserta dari Pos Induk Pangkalan Balai, 8 peserta dari Pos Damkar Talang Keramat, 14 peserta dari Pos Damkar Sungai Dua, 14 peserta dari Pos Damkar Betung.



“Untuk mengisi materi kita datangkan Pengajar dari tenaga ahli Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Prov.DKI Jakarta, materi yang diajarkan antara lain Materi Perilaku Api, Pengetahuan Alat Pemadam Api Ringan, Proteksi Kebakaran, dan LTBB,” kata Anthony. (Adam)

Post a Comment