Kayuagung, KabaRakyatsumsel.com-Dalam empat hari ke depan 3-6 Desember 2018,Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melakukan penilaian terhadap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung Kabupaten OKI,

Akreditasi ini dilakukan agar RSUD memiliki standar pelayanan seragam secara nasional. Akreditasi menggunakan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi I.

Bupati OKI Iskandar SE melalui Sekda OKI H Husin S.Pd mengatakan, penilaian akreditasi merupakan menilai komponen-komponen pelayanan yang harus ditingkatkan agar lebih baik. Dan, Pemerintah Daerah telah melakukan berbagai upaya diantaranya, failitas gedung, alat kesehatan dan anggaran.

"Mudah-mudahan dengan adanya akreditasi RSUD Kayuagung dapat lebih meningkatkan pelayanan dan mendapat pengakuan dari masyarakat,"ungkapnya.

Lanjutnya, sebelumnya pada satu bulan yang lalu RSUD Kayuagung telah melakukan simulasi penilaian, tapi belum penilaian. Semua itu merupakan sebuah kesempatan kepada untuk RSUD agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Harapannya selama penilaian RSUD Kayuagung dapat meningkatkan mutu pelayanan dan menyandang predikat terbaik (RSUD Tipe C),"jelasnya.

Msihkata Sekda, Rumah Sakit merupakan bagian penting dari sistem kesehatan. rumah sakit menjadi tempat pelayanan kuratif komplek, pelayanan gawat darurat, pusat alih pengetahuan dan teknologi, serta berfungsi sebagai pusat rujukan.

"Untuk itu, Pemerintah Kabupaten OKI terus mengoptimalkan peran RSUD Kayuagung sebagai salah satu sub sistem pelayanan kesehatan di Kabupaten OKI ini,"tandasnya.

Sementara Direktur RSUD Kayuagung dr. H Fikram mengungkapkan, ada 16 pokja yang menjadi penilaian. Semoga apa yang diharapkan masyarakat tentang pelayanan terbaik dapat terwujud. Karena kepuasan pelayanan RSUD ini adalah masyarakat yang menilai, pihaknya hanya berupaya semaksimal mungkin.

"Semoga kegiatan ini terlaksana dengan lancar, karena sudah kita persiapkan selama dua tahun ini. RSUD Kayuagung adalah milik kita semua dan apa yang kita inginkan dapat tercapai. mohon dukungannya dari semua pihak,"tandasnya.


Disisi lain Kepala Dinas Kesehatan OKI H.Lubis S.Km menjelaskan, Akreditasi ini merupakan pengakuan dari pihak KARS, apakah pelayanan yang telah dilaksanakan selama ini sudah SNARS. Apakah standar-standar ini sudah dilaksanakan sesuai yang di harapkan. semua itu adalah bentuk

"Semua ini untuk meningkatkan mutu pelayanan yang baik, keamanan petugas medis yang dilindungi hukum  dan keselamatan pasien sesuai dengan standar. Jika semua ini sudah dilaksanakan baru bisa diakui kestandarannya," ujarnya.( Sanfriawan)

Post a Comment