BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Guna mewujudkan Pemilu yang aman melaksanakan Kapolsek Pulau Rimau menggelar deklarasi damai Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg)  tahun 2019. Bertempat di Pendopoan Kantor Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin. Senin (10/10) pukul 11.00 WIB. 

Rangkaian dari acara tersebut diawali dengan Pembukaan,  Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Kata sambutan, Penandatanganan fakta integritas deklarasi damai pemilu tahun 2019 dan Penutup.

Hadir pada acara tersebut Kapolsek Pulau Rimau
AK Jiman Pasaribu, Camat Pulau Rimau Drs. Edy Haryono, Camat Selat Penuguan Edial Asmadi Ketua Panwascam Pulau Rimau
Muhamad Ali S.Hi,  Ketua PPS
Tahrir, Para calon anggota legislatip peserta Pemilu.

Juga hadir Panwas dan PPL se Kecamatan Pulau Rimau dan Kecamatan Selat penuguan, 
PPK dan PPS se Kecamatan Pulau Rimau dan Kecamatan Selat Penuguan, Para Kades dan Masyarakat Kecamatan Pulau Rimau dan Kecamatan Selat penuguan.

Dalam hal Deklarasi tersebut Seluruh para Caleg peserta pemilu 2019 Mengucapkan Deklarasi damai yang isi pernyatannya yakni, Siap menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan undang-undang 1945.

Kemudian Siap mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia,jujur dan adil dan 
Siap melaksanakan kampanye pemilu aman dan tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politissasi dan politik uang serta
Siap melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang - undangan yang berlaku.

Pada kesempatan itu Kapolsek Pulau Rimau AKP Jiman Pasaribu mengatakan dimana Para peserta pemilu diharapkan agar menjaga  ketertiban dan keamanan selama pemilu berlangsung agar terciptanya pemilu yang aman damai dan sejuk.

"Saya menghimbau agar menghindari adanya gesekan antara peserta pemilu satu dengan yang lain," ujar Ķapolsek Pulau Rimau AKP Jiman Pasaribu saat memberikan sambutanya saat menggelar deklarasi damai tersebut.

Kapolsek juga mengatakan dengan deklarasi damai ini bertujuan untuk samakan persepsi, ciptakan suasana damai, sejuk dengan tujuan sama, meskipun berbeda pilihan. “Kecamatan Tualang ini menjadi perhatian dari pimpinan, sebab sepertiga penduduk Kabupaten Banyuasin berada  di Kecamatan Pulau Rimau,” kata dia.

Dikesmpatan itu Camat Pulau Rimau Drs. Edy Haryono dalam penyampaiannya mengatakan Para peserta dihimbau agar menjadikan pemilu tahun 2019 ini sebagai pemilu yang aman damai dan sejuk."Supaya pemilu ini bukan menjadikan permusuhan antara peserta melainkan menjadi pemilu yang damai antara satu dengan yang lain," ungkap dia.

Masyarakat Pulau yang majemuk jelas Camat Edy Haryono, pilihan tentu berbeda, tapi jangan terpancing isu- isu yang mancing suasana panas. Kalau timbul permasalahan selesaikan dengan suasana dingin, jangan diperuncing masalah.

"Suasana damai ini, tentu membutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Kecamatan Pulau Rimau harus aman, damai, berbeda pendapat mari selesaikan masalah dengan hati dingin dan jangan diperuncing,” pesan dia.

Sementara itu, komisioner Panwascam Pulau Rimau Muhammad Ali, S.Hi mengajak untuk bersama-sama menjaga kedamaian integritas dalam pelaksanaan pemilu 2019. “Pelaksanaan serentak dilakukan pada tanggal 17 April mendatang 2019. Mari ciptakan pemilih yang  aman jujur adil dan berkualitas,’ imbauh dia. (Adam)

Post a Comment