Kayuagung, KabaRakyatsumsel.com - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengelar Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-19, bertempat di pendopoan rumah Dinas Bupati OKI, Rabu(19/12/2018). 

Peringatan PHI yang mengusung tema, Perempuan Berdaya, Negara Berjaya ini dihadiri oleh, Ketua TP-PKK OKI Hj, Linda Sari, Polres, Kodim 0402 OKI/OI, para OPD dan 19 organisasi perempuan di OKI. 

Dalam sambutannya Ketua TP-PPK OKI Hj Linda Sari mengatakan, perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk berpartisipasi dalam setiap aspek kehidupan.

“W‎anita memiliki kedudukan yang sejajar dengan pria sehingga harkat dan martabatnya tidak boleh disepelekan.‎ ‎Dengan adanya Peringatan Hari Ibu menjadi bukti adanya perhatian dan pengakuan akan pentingnya konsistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan,” Katanya. 

Menurutnya, ‎PHI ini dilakukan untuk kaum perempuan agar dapat meningkatkan karya dan pengabdiannya kepada keluarga,bangsa dan negaranya. 

Lanjutnya, PHI juga membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat yang mendorong untuk selalu menghargai hak-hak sebagai perempuan. Dan, menjadi bukti bahwa, apabila perempuan diberi peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri dan dapat bersaing ‎dengan kaum pria. 

“‎Harapan saya pada peringatan PHI ke-90 dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada setiap aspek kehidupan baik dalam keluarga, masyarakat maupun bangsa dan negara, sehinga menjadikan Kabupaten OKI yang maju, mandiri dan sejahtera (Mandira),” ujarnya. 

‎Linda Sari menambahkan, organisasi Dharma Wanita Persatuan sudah seharusnya mengambil peran strategis dan berperan aktif dalam pembangunan nasional. 

“Peran serta dan partisipasi anggota DWP sangatlah penting dalam membantu pelaksanaan program pemerintah di lapangan, sehingga tujuan pembangunan nasional bisa terwujud,” tuturnya.

Sementara Bupati OKI H Iskandar SE, melalui Sekda OKI H Husin mengatakan, PHI dan HUT DWP dimaksudkan, agar seluruh warga mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan.

"karena kita bisa menjadi seperti sekarang ini berkat peran para perempuan. Sungguh besar peran para perempuan untuk menhadirkan kita menjadi lebih baik,"ujarnya. 

Lanjutnya,  perang perempuan dijaman sekarang ini sangat penting, menginggat banyaknya pengaulan-pergaulan yang dapat merusak mental pada anak.  Seperti,  narkoba, pergaulan bebas dan lain-lain. 

"Untuk itu kita mesti mananamkan nilai-nilai kebaikan, kebenaran bagi anak kita, sehingga terbebas dari hal-hal yang tidak kita inginkan,"tandasnya. 

Sebelum dimulainya acara PHI pihak panitia mengadakan lomba memasak nasi goreng dan merangkai buah, yang diikuti oleh seluruh Dinas dan Badan yang ada di OKi, Polres, dan Kodim 0402 OKI/OI.( SAN )

Post a Comment