BANYUASIN,KabaRakyatsumsel.com -- Menjelang tahun baru 2019 dan hari raya Natal 2018, untuk mengetahui harga pangan dan memantau stok bahan pokok sembako, Polres Banyuasin, intansi pemerintah beserta Tim Satgas Pangan melakukan sidak Pasar Pangkalan Balai. Kamis (20/12) jam 09.30 WIB.

Giat sidak pasar ini kerjasama antara Dinas Koperindag dan Polres Banyuasin, yang mana sidak pasar ini langsung di monitor oleh Kadis Koperindag Banyuasin Drs. Lukman bersama Kapolres Banyuasin AKBP Yudi Markus Pinem, S.IK.

Dan turut serta KBO Reskrim Polres Banyuasin Iptu undarson, Kanit Pidsus Polres Banyuasin Ipda Galih Wiaratama, S.Ik, Kanit Sosek Polres Banyuasin Ipda Joko Beni W, SH, Kabid perdagangan BA Budiman, STP serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin dan Ka UPTD Pasar Pangkalan Balai.

Adapun tujuan dari giat sidak ini yaitu  untuk melakukan monitoring / mengecek serta antisipasi terjadinya lonjakan harga sembako menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019,

Dari hasil giat sidak tersebut sampai saat  ini tidak ditemukan adanya kenaikan harga sembako yang siginifikan, namun ada beberapa komoditi jenis barang / sembako yang harganya naik namun masih dalam batas kewajaran berkisar antara Rp. 500 s.d Rp. 1.000.

Kapolres Banyuasin, AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, S.IK mengatakan, kegiatan bersama Tim Satgas Pangan ini guna memantau dan mengecek langsung, ketersediaan pangan di pasar, harga pangan, serta mutu pangan di pasar.

"Sidak Ini untuk mengetahui harga pangan dan stok sembako di pasar, dari hasil sidak diketahui bahwa ketersedian pangan di Pasar  Pangkalan Balai masih stabil dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sampai pada tahun baru dan natal mendatang. Meski untuk harga sembako ada kenaikan sedikit di beberapa item,” tuturnya.

"Iya, untuk persedian stok bahan pokok di pasar cukup hingga tahun baru dan Natal. Masalah kenaikan harga kita akan pelajari, apakah kenaikan harga tersebut akibat adanya penimbunan bahan pokok atau bagaimana. Kalau terbukti melakukan pelanggaran akan kita tindak sesuai hukum," jelasnya. (Adam)

Post a Comment