BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com-- Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, S.IK memimpin upacara memperingati Hari Bela Negara di Halaman Mapolres Banyuasin, Rabu (19/12). Pukul 07.00 WIB. Upacara peringatan Hari Bela Negara ini dilaksanakan setiap setahun sekali di akhir tahun tepatnya pada tanggal 19 Desember 2018.

Selaku Inspektur Upacara dan Komandan Upacara Ipda Ricky Febrien, SH Kanit Regident Sat Lantas Polres Banyuasin . Turut serta dalam kegiatan upacara tersebut Para Pejabat Utama Polres Banyuasin, Kapolsek Jajaran dan Para Perwira Polres Banyuasin serta ASN Polres Banyuasin.

Rangkaian kegiatan upacara tersebut antara lain diawali Laporan komandan upacara , Pembacan Ikrar Bela Negara oleh Brigadir Imam , SH Perwakilan Personil Polres Banyuasin dan dilanjutkan dengan penyampaian amanat Presiden RI oleh Inspektur Upacara dan di tutup dengan Do'a serta Laporan Kembali Komadan Upacara Kepada Inspektur Upacara.

Upacara Peringtan Hari Bela Negara hari ini dilaksanakan , mengupas sejarah 70 tahun yang lalu saat Mr Syarifudin Prawira Negara Mendeklarasikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia ( PDRI ) , Atas inisiatifnya melampaui panggilan tugas yang menjadi tanggung jawab beliau.

Upaya Poltik dan diplomasi Mr. Syarifudin Prawira Negara terbukti berhasil mengatasi kekuatan militer penjajah dan menunjukkan kepada dunia bahwa Republik Indonesia masih tetap berdiri tegak dan penetapan peristiwa bersejarah ini sebagai hari "BELA NEGARA "

Dalam kesempatan ini Kapolres Banyuasin Banyuasin membacakan amanat tertulis dari Presiden Joko Widodo. Dalam amanat Hari Bela Negara Kapolres Banyuasin mengatakan bahwa Polri bersama TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga negara.

"Namun semua itu tidak dapat terwujut tanpa campur tangan dari semua elemen masyarakat termasuk memberikan pendidikan sejak dini tentang Bela Negara antara lain melalui kewajiban mengikuti pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta aksi Nasional bela negara di berbagai bidang," kata Kapolres Yudhi. (Adam)

Post a Comment