MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM Memimpin Upacara Hari Ulang Tahun KE-72 Muara Enim yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-47 Korpri ke-47, Hari Kesehatan Nasional ke-54, Hari Guru Nasional ke-25, dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ke-60. Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Merdeka Kabupaten Muara Enim, Kamis (15-11-2018).
Tema Upacara adalah “Tingkatkan prestasi kerja bersama, guna mewujudkan Muara Enim rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat, dan sejahtera”.
Kegiatan dihadiri Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM, Wakil Bupati Muara Enim H Juarsyah SH, Sekda Ir H Hassanudin MSi, Ketua DPRD Aries HB, Kapolres AKBP Afner Juwono Sik MH, Kajari H Rustam SH, Denpom CPM Kapten Agus, Wakapolres Kompol Ari Sudrajat Sik, Dandim O404 Letkol Inf Teady Aulia M, para kepala dinas dan SKPD di jajaran Kabupaten Muara Enim, LSM, Insan Pers, dan para undangan.
Dalam sambutannya selaku Inspektur Upacara sekaligus membuka acara Bupati mengatakan, momentum peringatan hari Jadi ke-72 Muara Enim tahun ini memiliki makna khusus. ‘’Terutama bagi saya dan Wakil Bupati H. Juarsah, SH. Momen ini adalah perdana di tahun 2018 dan pertama pengabdian kami di pemerintahan.
‘’Dalam melaksanakan program pembangunan, kami menyadari bahwa tanpa partisipasi masyarakat dan stakeholder tentunya pembangunan di Bumi Serasan Sekundang tidak mungkin terealisasi. Di samping itu juga saya mohon dukungan dari Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan BUMN/BUMS, LSM, terkhusus insan pers, secara sinergis kita bersama-sama menciptakan situasi kondusif di Bumi Serasan Sekundang ini,” tambah Ir H Ahmad Yani MM.
Tahun 2018 Pemerintah Muara Enim dapat mengoleksi beberapa penghargaan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi sebagai berikut.
Tingkat Provinsi Sumatera Selatan :
Opini dengan nilai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke empat kalinya dari BPK Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan.

Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang Meraih 3 Penghargaan. Juara 1 Lomba Toga Kelompok Toga Melati, Juara 1 Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan, dan Juara III Lomba Desa.
TOP 10 Inovasi Daerah Kabupaten Muara Enim Tahun 2018. Ruang Rokok Bisa Sehat (Puskesmas Tanjung Raya Kec. Semendo Darat Tengah), Kader Jemari PSNDBD (Jentik Remaja Mandiri) Puskesmas Muara Enim Kec. Muara Enim. Layanan Homecare TB Anak (Puskesmas Ujan Mas Kec. Ujan Mas). Kelas Plus Ibu Hamil (Puskesmas Pajar Bulan Kec. Semendo Darat Ulu). Juara I Analis Kesehatan Teladan. Juara I Tenaga Kesehatan Teladan Kategori Juru Imunisasi.
Untuk Tingkat Nasional: Top 99 Inovasi. Inovasi Pelayanan Publik untuk Inovasi Layanan Keuangan dan Aset Daerah. Inovasi Rumah UMKM Gerbang Serasan dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Program Kampung Iklim (PROKLIM) kategori Utama dari Desa Keban Agung, Embawang, Kayuara Sakti dan Desa Tanjung Karangan dari Kementerian Lingkungan Hidup.
Top Ten Smart Sanitation Award (SSA) Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) dari Kementerian PUPR. Terbaik III Pemadam Kebakaran. Sekolah Adiwiyata diwakili 5 SD dan 6 SMP. (ist/adv)

Post a Comment