BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Kementerian komunikasi dan informasi (Kominfo) RI melakukan Launching pemanfaatan sistem informasi terpadu melalui layanan telephon nomor tunggal panggilan layanan darurat seluruh operator jaringan telekomunikasi dengan nomor layanan telephon 112.

Launcing yang dilakukan di halaman kantor Bupati Banyuasin tersebut juga dilakukan MoU dengan beberapa SKPD seperti Disdukcapil Banyuasin, Dinas Sosial, Dinas PU dan OPD dilingkungan Pemkab Banyuasin.Senin (19/11).

Kasubdin Kebutuhan ITE Kementerian Kominfo RI, Harapan Harahab mengatakan, panggilan layanan darurat 112 atau call center ini bisa digunakan oleh seluruh masyarakat. "Dengan Hand Phone digenggaman, anda bisa langsung telephon ke no tadi," kata dia.

Harahab mengatakan, Bupati dan wakil Bupati Banyuasin sudah mengeluarkan peraturan Bupati (Perbup) untuk koordinasi antara operator dengan instansi dilingkungan Pemkab Banyuasin.

"Disini saya nilai pemerintannya getget sekali dengan teknologi informasi ini, tinggal lagi bagaimana koordinasinya penyelesaian dengan instansi lainnya seperti kejaksanan, kepolisian dan Dandim disini," Kata Harahap.

Sebab lanjut dia, setiap instansi ada Setandar operasional (SOP) kegiatan masing-masing. Misalnya Kepolisian ada SOP dinas Pamadam ada SOP, kalau terjadi kebakaran minimal 3 jam mobil pamadam sudah harus tiba di lokasi. Bisa juga ada lakalantas berapa lama polisi harus ke TKP.

"Hal-hal tekhnis harus dicari jalan keluar, tentu dengan pendekatan dan komunikasi yang baik antar instansi yang memiliki SOP tersebut bisa berjalan," jelas dia.

Harahab optimis dengan adanya perbup tersebut semua kendala yang dialami operator akan segera teratasi. Tinggal masalah pendekatan saja. Dan ini tugas kepala dinas Kominfo Banyuasin.
 
"Kami berharap kepada Kadis Kominfo Banyuasin Erwin menjalin kerjasma disetiap lini, Call Center ini jangan hanya jadi panggilan darurat saja disini ada Dandim dan Polres, Kejari, Kemenag dan lain-lain diharapkan apresiasinya," Ujar Harahap.

Terpisah Bupati Banyuasin H Askolani mengatakan, masyarakat bisa melaporkan kejadian disekitar dengan cepat. "Ini bentuk perhatian Pemkab Banyuasin dalam pelayanan prima di bumi Sedulang Setudung," kata Askolani.

Masyarakat bisa melaporkan kejadian secepatnya ke call center 112 dan gratis tidak dikenakan pulsa.
Ini tekhnologi informasi yang canggih, dizaman melinia seperti saat ini masyarakat sangat perlu informasi.

Sementara Kadis Kominfo Erwin Ibrahim menambahkan, bahwa untuk penggilan call center 112 ini bisa dilakukan oleh seluruh provaider telekomunikasi. "Di Call Center tidak dikenai pulsa alias gratis dan bisa ditelephon 24 jam kapan saja masyarakat membutuhkan kami," Tukas Erwin.

Dikatakan Erwin, sebagai salah satu wujud Banyuasin bangkit adil sejahtera maka seluruh panggilan baik Rumah saakit maupun pemadam kebakaran lebih mudah menggunakan Call Center 112.

"Pelayanan publik yang prima
Mewujudkan masyarakat yang lebih aman maju makmur meningkatkan efesiansei dengan melibatkan pertisipasi masyatakat dengan kerja cerdas kerja keras kerja  ikhlas," tandas dia.(Adam)

Post a Comment