Kayuagung, KabaRakyatsumsel.com-  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), melaksanakan survei simulasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1, yang dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 09-12 Oktober 2018, Selasa (09/10/2018).

Derektur RSUD OKI Dr Fikram melalui Kabag Tatausaha Iskandar Fuad, mengatakan, Akreditasi bukan sekedar mengejar selembar kertas saja, melainkan untuk memberikan pembelajaran kepada kita tentang bagaimana bekerja dengan baik dan benar.

"Survei ini memiliki manfaat penting bagi Rumah Sakit untuk mengukur kesiapan RS dalam menghadapi initial survey, melengkapi hal yang dirasa perlu dipenuhi untuk lulus,”jelasnya.

Menurutnya, bentuk penilainya ada 16 pokja. Seperti peningkatan mutu pelayanan, penanganan korban terkena bencana alam, kebakaran, kelengkapan manajemen rumah sakit, memperhatikan keselamatan pasien, keselamatan dokter dan perawat sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Selama ini ke16 pokja ini belum berjalan semua, baru beberapa saja. Nantinya dari hasil penilaian ini baru kita tahu apa yang manjadi kekurangan selama ini. Semuanya akan kita penuhi semua untuk menuju penilaian yang sesungguhnya pada bulan Nopember 2018 mendatang," tuturnya.

Penilaian akreditasi ini ada 4 tingkatan lanjut Fuad, yaitu, tingkat Dasar, Madya, Utama dan Paripurna.

"Kita optimis mendapatkan penilaian tingkat Paripurna pada akreditasi ini. Tapi kalau memang tidak bisa kami juga tidak akan memaksakannya, buat apa tahun ini dapat peripurna kalau tahun tiga tahun yang akan datang turun lagi,"tandasnya.

Adapun Tim Surveior dari SNARS berjumlah 4 orang yaitu, Dr. Miryanti SpPK, Nur Ariati S.Kep,M.Kep, Dr.drg.Sudibyo M.Kes, dr.Subroto Prawiro Haryoso, SpPD, M.Kes (MMR), yang menilai di bidang medis, manajemen maupun keperawatan.( Sanfriawan)

Post a Comment