KAYUAGUNG,KabaRakyatsumsel.com – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE mengingatkan agar para Kepala Desa (Kades) di daerah ini ingkungan lebih berhati-hati dalam mengelola anggaran.

“Jadi kades jangan lantas merasa jadi raja. Lakukan musyawarah, pendekatan dengan masyarakat setiap perencanaan pembangunan, serta anggaran,” kata Iskandar pada acara Peresmian Desa Persiapan sekaligus Pelantikan 22 Kades Persiapan dan lima Pejabat Kades di Pendopoan Kabupaten OKI, Selasa (16/10).

Lanjutnya, ketika terpilih menjadi Kades jangan lantas merasa jumawa. Dalam bertugas para kades tidak menjauhi hukum sehingga dapat lebih baik dalam menjalankan tugas.

“Jangan jauhi hukum, kalau dijauhi akan terasing. Kalau terasing, nanti kita yang diasingkan. Apalagi dalam penggunaan keuangan desa,” tegasnya.

Ketika kades tidak mengerti penggunaan anggaran, jelas Iskandar, lakukan musyawarah dengan para perangkat. Jika masih tidak mengerti, lakukan koordinasi dengan camat, dengan kepala dinas.

Selain itu, Iskandar juga berpesan agar para Kades dapat berbagi ataupun memberikan tugas-tugas sesuai tupoksi masing-masing jabatan.

“Jadi bukan semua tugas harus Kades. Sekarang (bupati), juga tidak semuanya jadi tugas bupati karena ada delegasi yang di bawah. Kades juga harus mampu mendelegasikan agar tugas lebih ringan,” tukasnya. (Sanfriawan)

Post a Comment