MUARA ENIM, KabaRakyatsumsel.com--Untuk merealisasikan Visi Misi program kepala daerah terpilih, Pemerintah Kabupaten Muaraenim menggelar kegiatan Rancangan awal Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di ruang rapat Bappeda Kabupaten Muaraenim, Rabu (17/10).

Penyusunan RPJMD ini, nantinya akan dijadikan pedoman pada pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJ) selama lima tahun kedepan. Dokumen penyusunan merujuk pada strategi program pembangunan serta rencana kerja disegala sektor pemerintahan kabupaten Muaraenim.

"Perencanaan ini akan kita jadikan pedoman dalam mewujudkan pembangunan disegala sektor di bumi serasan sekundang. Ketetapan rencana awal pembangunan nantinya bisa menjadi rujukan pembuatan RPJ, sehingga itu bisa membantu kita dalam mewujudkan Muaraenim untuk Rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera," Ujar Bupati Muaraenim Ir. H. Ahmad Yani, MM saat memberikan sambutan.

Dikatakan Ahmad Yani, RPJMD merupakan dokumen perencanaan yang diamanatkan undang-undang RI nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan diatur dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017.

"Aspek tersebut merupakan tahapan penjabaran dimulai dari RPJMD kemudian tentang tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang hingga ke penjabaranrencana kerja pemerintah daerah (RKPD)," katanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda kabupaten  Muaraenim  H. Ramlan Suryadi, ST. M.Si  menyampaikan, Forum konsultasi publik ini merupakan bagian dalam tahapan penyusunan  RPJMD Kabupaten Muaraenim tahun 2018-2023. Menurutnya, penyusunan rancangan awal RPJMD dimulai sejak kepala daerah dan wakil Kepala Daerah terpilih dilantik.

"Penyusunan RPJMD harus dilakukan sejak kepala daerah dan wakilnya dilantik. Hal ini bentuk realisasi amanat Permendagri 86 Tahun 2017 Pasal 47 Ayat (1). Nantinya Rancangan awal RPJMD kabupaten Muaraenim tahun 2018-2023 disampaikan oleh tim tenaga ahli dari kementerian PPN/Bappenas," ungkap Ramlan.

Tampak hadir dalam acara penyempurnaan RPJMD Kabupaten Muaraenim Tahun 2018-2023 yakni Wakil bupati Muaraenim H Juarsya, DPRD Kabupaten Muaraenim, Sekda Muaraenim, tim pendamping Penyusunan RPJMDdari Kementerian perencanaan Pembangunan Nasional, Unsur muspida serta tamu dan undangan. (ist/ADV)

Post a Comment