BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com --DIREKTUR Politehnik Negeri Lampung (Polinela) Dr Ir Surono MSi mengaku bangga atas hadirnya Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru SH MM pada acara wisuda mahasiswa angkatan ke III Tahun 2017/2018 dan Diesnatalis ke IV tahun tahun 2018 di Graha Sedulang Setudung, Selasa (16/10).

 "Selama terbentuknya PDD-Polinela se Indonesia, baru kali pertama gubernur berkenan hadir untuk menyaksikan dan memberikan sambutan pada wisuda di PDD-Polinela di Banyuasin. Ini suatu kehormatan,” ucapnya di hadapan  ratusan undangan yang hadir saat wisuda mahasiswa PDD-Polinela di Banyuasin.

 Menurut dia, kehadiran Gubernur Sumsel akan memberikan motivasi pada PDD-Polinela di Kabupaten Banyuasin untuk lebih maju dan berkembang. Apalagi ada wacana pemerintah pusat untuk menjadikan PDD-Polinela dari Diploma Dua (D2) meningkat menjadi Diploma Tiga (D3) bahkan Strata Satu (S1) terapan.

"Memang sudah ada wacana untuk meningkatkan PDD-Polinela di Banyuasin menjadi Program Studi Diluar  Kampus Utama (PSDKU) untuk program D3 dan S1, tentunya harus ada program dijual atau diunggulkan di tengah masyarakat untuk menjadikan PDD-Polinela di Banyuasin dari D2 menjadi D3 bahkan S1,” kata dia.

Untuk mewujudkan PSDKU haruslah didukung oleh pemerintah dan masyarakat, karena untuk biaya kuliah satu mahasiswa saja diperkirakan Rp 2 juta. Dana tersebut tentunya ada sharing dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

Sementara Bupati Banyuasin, H Askolani SH MH sangat mengapresiasi digelarnya wisuda mahasiswa PDD-Polinela angakatan ke III Tahun Akademik 2017/2018 dan Dienatalis tahun 2018 di Banyuasin seiring dengan digelontorkannya program Banyuasin Cerdas.

Dia berharap status sarjana yang disandang oleh alumni PDD-Polinela jangan hanya simbol belaka. Namun jadilah penggerak pembangunan di Kabupaten Banyuasin sebagai garda terdepan, karena PDD-Polinela Banyuasin merupakan perguruan tinggi negeri pertama di Kabupaten Banyuasin. Sehingga alumni dapat memmanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk pembangunan di Banyuasin.

“Jangan berharap untuk menjadi honor di lingkungan pemerintah dengan gaji hanya Rp 1 juta. Namun jadilah alumni yang memiliki pendidikan vokasi yang benar-benar memiliki kemampuan dengan membuka lapangan kerja,” kata dia.

Sebab tidak tertutup kemungkinan melalui kemampuan dimiliki dengan cara membuka lapangan kerja, para alumni bisa mengembangkannya usaha lebih maju, dari hasil tersebut bisa saja nantinya alumni PDD-Polinela menjadi orang sukses, bahkan bisa menjadi anggota DPRD, Bupati, dan berbagai profesi lainnya.

Disisi lain, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru. SH. MM bervilosopi, inilah proses methamorphosa dari seseorang yang tidak memiliki ilmu tiba-tiba melalui kuliah menjadi sarjana, lalu setelah sarjana harus bekerja, kalau sudah bekerja tentunya ada keinginan menikah dan seterusnya.

"Menjadi kehidupan itu sangat panjang, kalau memang ditekuni, ikhlas maka keberhasilan memanti di depan mata. Jadi untuk menjadi orang sukses atau orang berhasil tidak gampang, harus memlalui proses panjang,” pungkas dia.

Pada wisuda angkatan ke III tahun akademik 2018/2019 jumlah mahasiswa yang diwisuda, terdiri dari tiga program studi yakni Budidaya Perikanan sebanyak 39 mahasiswa, Budidaya Tanaman Perkembunan 43 mahasiswa dan Tehnologi Pangan 48 mahasiswa. (Adam)

Post a Comment