MUARA ENIM, KabaRakyatsumsel.com-Sejak awal menjadi kepala Daerah terpilih, Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani MM terus menunjukkan kedekatanya dengan masyarakat. Hal ini tercermin dari tingkat kepedulian dalam membantu sesama khusunya warga Semende yang tertimpa musibah kebakaran.

Di dampingi sang istri Hj Dra Sumarni MSi, Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani MM menyumbangkan gaji pertama yang diterimanya untuk para korban yang tertimpa musibah kebakaran di Desa Gunung Agung, Kecamatan Semende Darat Tengah, Kabupaten Muaraenim, Kamis (11/10/2018).

"Saya selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Muaraenim turut prihatin atas musibah ini. Saya harap bantuan ini dapat bermanfaat bagi para korban yang tertimpa musibah kebakaran," Ujar Bupati Ahmad Yani.

Tak hanya itu, Melalui Dinas Ketahanan Pangan, dirinya secara langsung memberikan bantuan pangan berupa beras sebanyak 2.050 Kg yang diambil dari stok Pemerintah kabupaten Muaraenim. Secara kalkulasi, beras yang telah dibagikan akan cukup di konsumsi masyarakat untuk bertahan selama 45 hari kedepan.

Dikatakan Bupati, Dari data yang dikumpulkan pihaknya, kebakaran tersebut menghanguskan 22 rumah dan delapan rumah dalam leadaan rusak. Pasca peristiwa itu, Sebanyak 151 jiwa dari 40 KK kehilangan tempat tinggal dan telah mengungsi di rumah kerabat dan tetangga masing masing.

"Dari kalkulasi kita, 151 jiwa menkonsumsi beras 300 gram perhari. Jadi bantuan pangan diperkirakan bisa bertahan selama 45 hari kedepan. Selanjutnya setelah 45 berjalan, kita akan menyalurkan bantuan pangan lagi sebanyak 2.050 Kg," Jelasnya pada kegiatan itu.

Diakhir penjelasanya, Bupati Muaraenim akan mencarikan solusi terbaik kedepanya. Sementara ini bantuan pangan yang diberikan merupakan bentuk tanggap darurat dan bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Muaraenim. 

"Saat ini kita membantu meringankan beban bagi keluarga yang terkena musibah dalam jangka pendek. Sedangkan untuk jangka panjang, nanti kita akan berupaya mencari solusi terbaik," Tandasnya. (IST)

Post a Comment