MUARA ENIM, KabaRakyatsumsel.com-Bupati Muaraenim Ir. H. Ahmad Yani, MM didampingi Wakil Bupati Muaraenim H. Juarsah, SH menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 di Halaman Pemerintah Kabupaten Muaraenim, Senin (1/10/2018).

Hari Kesaktian pancasila adalah hari dimana Negara Indonesia terselamatkan dari pemberontakan yang dilakukan oleh kalangan Partai Komunis Indonesia (PKI). Peristiwa gerakan 30 September 1965 oleh PKI menyebabkan jatuhnya korban dari kalangan militer.

Tokoh- tokoh tersebut ditetapkan sebagai pahlawan revolusi Indonesia pada 5 Oktober 1965 (pada perkembangannya pemerintah RI menetapkan tokoh-tokoh tersebut sebagai pahlawan nasional pada tahun 2009)
Para pahlawan tersebut diantaranya adalah: Brigadir Polisi Karel Susult Tubun, Letnan Jenderal A. Yani, Mayjen R. Suprapto, Mayjen S. Parman, Letnan Satu Pire Andreas Tendean,  Brigjen D.I. Panjaitan, Brigjen Sutoyo, dan Mayjen Haryono.

Bupati Muaraenim terpilih Ir. H. Ahmad Yani, MM menyampaikan, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini untuk menghargai jasa Pahlawan revolusi yang gugur pada pemberontakan G30S/PKI.

"Momentum Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, Hendaknya Kita Maknai dengan semangat perjuangan serta mengimplikasikanya dalam bentuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Muara enim," ujar Ahmad Yani.


Dikatakannya, perjuangan itu mesti dihayati dengan semangat pembangunan dan menjaga persatuan. Menurutnya peringatan hari kesaktian pancasila harus dijadikan sebagai landasan kerja mencapai perstasi Bangsa.
"Dengan semangat pancasila mari kita jadikan sebagai landasan kerja mencapai prestasi bangsa serta mengimplikasikan nilai nilai pancasila dalam semangat kerja terutama ASN Pemkab Muaraenim dalam menjalankan tugas sehari-hari," tambah bupati. (ADV)

Post a Comment