BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Badan Penanggualangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuasin berhasil jinakkan 40 hektare kebakaran lahah kebun sawit warga Desa Banjar Sari Kecamatan Pulau Rimau yang terjadi sejak pukul 9 pagi sampai pukul 17 00 WIB atau kurang lebih 8 jam. Selasa  (02/10)

Tim Damkar yang dipimpin langsung oleh Kadis Kesbangpol H Indra Hadi bersama tim datang tepat waktu. Sehingga kebakaran lahan bisa diminimalisir hanya sekitar paling banyak 40 hektare. lahan yang terbakar.

"Kita menerima laporan dari Kades Banjar Sari kalau ada api membakar di lokasi Transmigrasi lokal, setelah menggunakan mobil pemadam kebakaran, dan mesin pompa yang siap sedia dilokasi dan dibantu Perusahaan perkebunan Kelapa Sawit, alhamdulillah api  berhasil dipadamkan," Ujar Indra Hadi melalui stafnya Gatot saat di konfirmasi. Kamis (04/10).

Masih dikatakannya, bahwa penyebab timbulnya kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit milik warga hingga berita ini diturunkan belum tahu asal mula api. "Kami menghimbau kepada masyarakat untuk patuh hukum, karena pelaku baik perorangan atau korporasi yang sengaja membakar lahan akan dikenakan sangsi pidana," Ujar dia.

Terpisah Kades Banjar Sari Elias nurkholis saat dikonfirmasi fia Telephon mengatakan, lokasi kebakaran lahan didesanya adalah kebun warga bukan milik perusahaan. Memang tidak jauh dari titik api desa kami berbatasan dengan desa Sedang Kecamatan Soak Tapeh yang mana lokasi dekat kebakaran adalah milik perusahaan PT Kelapa Sawit.

"Dengan ini kami pastikan api sudah padam pukul 17 00 Wib. Karena petugas BPBD Kabupaten Banyuasin dibantu warga dan aparat desa api tidak sampai menjalar ke kebun Perusahaan sawit milik PT MAR yang lebih luas lagi," Ujar Eliyas Nurkholis.

Masih dikatakan Nurkholis, di desanya saat ini sudah terjadi kemaru panjang. Sekitar 2-3 bulan jarang sekali turun hujan. Hal ini menjadikan rumput dan dahan mengering, maka ketika ada pemicu sedikit saja maka api cepat menjalar kemana-mana.

Disinggung asal api, pihak desa tidak ada yang mengetahui, karena lokasi kejadian merupakan kebun jadi apa dan siapa penyebab pihaknya tidak tahu. Di desa Banjar Sari terang dia, merupakan desa waspada api, sehingga kebakaran lahan yang terjadi cepat ditanggulangi secepat-cepatnya.

"Kami perangkat desa mengucapakan terimakasih pada BPBD Banyuasin juga pada bersyukur kepaa Allah SWT karena api tidak sampai menjalar ke Perkebunan Perusahaan sawit sebelah desa kami," tukas Kades (Adam)

Post a Comment