Kayuagung, KabaRakyatsumsel.com- Dalam waktu 15 menit sijago merah berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), sehingga rumah warga yang tak jauh dari lahan kebun dan semak belukar tidak terbakar.

Pantauan wartawan, Minggu (16/9/2018) api dengan cepat membakar kebun warga dan lahan kosong yang hanya meninggalkan puing-puing kayu sisa kebakaran. Api tidak sampai melebar jauh, karena warga lebih cepat memberikan informasi kebakaran ke petugas pedam kebakaran.

Api tadi, telah menhanguskan kebun dan lahan kosong, semak belukar berkisar lebar 25 meter dan panjang 45 meter. Rumah yang berada di sekeliling lahan kosong cemas, karena api dengan cepat membesar setinggi rumah dengan kencangnya tiupan angin sore tadi.
Informasi dihimpun, api diduga dari arah timur, tak jauh dari pemukiman rumah warga. Karena ada yang melihat ada anak-anak yang sedang bermain di lokasi lahan warga yang beberapa hari ditebasi, bersihkan. Tiba-tiba keluar api dan langsung membesar dan menghanguskan lahan kosong.
"Istri saya kwatir kalau api sampai menjalar ke rumah," kata Abu warga Jalan Tembus Sangabut Kelurahan Kuta Raya Kayuagung, panjang lebar, saat kebakaran berada di uar rumah. Sehingga dirinya bergegas pulang dan bersyukur pihak pemadam jauh lebih cepat datang untuk memadamkam api.
Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Alex SSos didampingi Kabid Damkar Sawal Harahap mengatakan, pihaknya bersyukur atas bantuan warga untuk memberikan informasi kebakaran. Sehingga tim Damkar jauh lebih cepat tiba ke lokasi kebakaran lahan.
"Kebakarannya sangat cepat. Selama 15 menit api bisa di jinakan sampai dengan pendinginan, dan benar-benar dipastikan tidak ada asap apalagi api," ujar Alex yang berharap kepada warga yang ingin membuka lahan diusahakan jangan sampai dengan membakar.
Diingatkan Alex, masyarakat diminta untuk tidak membuang putung rokok sembarangan, mengingat musim panas sangat membahayakan bagi lahan kering, riskan akan terbakar.
"Saya minta kepada warga untuk tidak membuang sisa rokok. Begitu juga ibu rumah tangga jangan tinggalkan dapur apabila sedang memasak. Aliran listrik harus juga diwaspadai karena, sangat berbahaya apabila tidak diperhatikan drngan baik," pinta Kasat Alex.
Kabid Damkar Sawal Harahap menambahkan, apabila ada upaya okum akan melakukan pembakaran atau kebakaran segera laporkan ke petugas kebakaran ke nomor 0712 322100 atau ke 085269691011.

"Kami siap selalu 2 x 24 jam," tandas Sawal yang setia sama alat genggam komunikasi, HT. (Sanfriawan)

Post a Comment