BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin bergerak cepat terhadap peristiwa ambruknya Jembatan Makarti Jaya akibat ditabrak Kapal Pengangkut Tiang Listrik. Jembatan Makarti Jaya dilaporkan ambruk pukul 22.30 Senin (24/09). Mendengar hal itu, Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH langsung menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PU TR) untuk mengatasi ambruknya jembatan itu.

Kepala Dinas PU TR Dr. Ir. Yos Karimuddin, MM langsung menugaskan Tim Teknis untuk mengecek kondisi lapangan. Tim teknis langsung bergerak meninjau lokasi dan mengumpulkan informasi terkait peristiwa yg menyebabkan jembatan ambruk serta mempelajari alternatif mengatasi masalah prasarana transportasi darat.

“Dinas PU TR telah diperintahkan bupati untuk segera mengambil tindakan cepat terhadap jembatan ambruk ini,” kata Yos Karimudin melalui sambungan telpon, Selasa (25/09)

Dijelaskannya, jembatan penghubung ini segera diperbaiki oleh Pihak PT Trans Anugrah sebagai perusahaan penyewa kapal/ponton yang menabrak jembatan. ” Ini harus cepat ditindaklanjuti, pihak PT sudah mengakui dan bersedia bertanggung jawab. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak perusahaan, mereka akan segera menindaklanjuti. Ini harus cepat ya, agar aksebilitas masyarakat jangan sampai lumpuh,” lanjut Yos

“Untuk sementara, masyarakat dapat memanfaatkan jembatan lain sebagai alternatif penghubung akses jalan masyarakat. Terdapat satu jembatan konstruksi baja pipa eks pertamina yang tidak terlalu jauh dari lokasi jembatan ambruk. Namun, Jembatan tersebut juga perlu segera dilakukan perbaikan, penggantian dan penguatan titik-titik las,” lanjut Pria yang pernah menjabat Kepala Dinas PU Pengairan ini.

Sementara Camat Makarti Jaya Drs. Surono, M.Si membeberkan peristiwa ambruknya jembatan penghubung antar desa yang terletak di lingkungan 3 Kelurahan Makarti Jaya,. Kejadian hari Senin malam pukul 22.30,  ambruknya jembatan disebabkan ponton pengangkut tiang listrik yang menabrak salah satu tiang penyangga .

“Peristiwa mengakibatkan terganggunya mobilisasi maayarakat yang hendak bekerja, bepergian atau mengurus keperluan, terutama anak-anak sekolah, karena harus memutar kearah jembatan dekat RS. Pratama Makarti Jaya. Sedangkan kondisi dua jembatan yg berada disekitar RS. Pratama kondisinya juga kurang layak” beber Camat Surono

Pada jembatan alternatif, lanjut Surono,  terdapat beberapa titik kondisi yang kurang baik. ” Bahkan satu jembatan sudah diitutup Lurah Makarti Jaya. Dengan robohnya jembatan di lingkungan 3 tersebut maka hanya tinggal satu jembatan yang masih bisa dilalui itupun kondisinya juga masih memerlukan perbaikan,” jelas Surono

Dirinya berharap Jembatan dapat diperbaiki secepatnya. Pihak Perusahaan sudah membuat pernyataan disaksikan Camat, Kapolsek, Lurah, bertanggung jawab untuk memperbaiki jembatan. 


“Selain itu, Pihak perusahaan harus tetap berkoordinasi dengan Dinas PUTR. Yang paling penting dan segera pihak perusahaan bersedia membersihkan bekas material jembatan dan mengangkat bentang jembatan yg masih tergantung,” pungkasnya. (Adam)

Post a Comment