BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com-- Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Banyuasin bakal menggelar lomba Latihan Baris Berbaris (LTBB) dan Lomba Lintas Alam.

Lomba bakal dipusatkan di lapangan depan kantor Bupati Banyuasin yang akan diikuti oleh ratusan pelajar mulai dari satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) sedarajat baik negeri maupun swasta.

Kegiatan tersebut juga melibatkan organisasi pemuda serta masyarakat umum, karena perhelatan tersebut merupakan agenda tahunan sehingga dilaksanakan setiap tahun. Penyelenggaraaannya akan digelar sekitar pertangahan Oktober 2018 nanti
 
Kadisdikporapar Banyuasin, Drs. HM Yusuf. MSi melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga  M Sarnusi S Sos MM mengatakan, ada tiga tujuan digelarnya lomba tersebut yakni menggalang, menjalin persatuan dan kesatuan antar pemuda di Kabupaten Banyuasin.

Juga tegas dia, membangkitkan semangat pemuda untuk mencintai alam sekitar dan menumbuhkembangkan semangat perjuangan pemuda dalam membangun dan bela negara Republik Indonesia. Disisi lain juga memyediakan wadah bagi pemuda Banyuasin untuk berkreativitas.

“Penyelengaraan kegiatan tersebut sangat positif tujuannya, selain menyatukan pemuda, juga menumbuhkan disiplin, membentuk karakter pemuda kearah yang lebih baik guna menghindarkan mereka dari hal negatif,” jelas dia. Senin (11/09).

Seperti tahun lalu, kata dia, tim yang mengikuti Lomba Lintas Alam jumlahnya mencapai sebanyak 91 tim baik dari SMP maupun SMA sederajat. Sedangkan lomba LTBB 45 tim terdiri dari OKP dan masyarakat umum.

Ditegaskan, lomba LTBB dan Lintas Alam juga berkaitan dengan hari sumpah pemuda tahun 2018. “Jadi rentetan kegiatan tersebut memang sangat positif, sehingga perlu diikuti oleh pemuda, karena membangun mental dan moral kearah lebih positif.

“Saya berpesan kepada pemuda jangan sampai terjebat pada minuman keras, serta narkoba dan sejenisnya, karena dapat merusak generasi muda itu sendiri. Apa jadianya kalau muran dan mental sudah rusak,” pesannya.

Kegiatan dilaksanakan bakal dilaksanakan oleh Disdikporapar tersebut merupakan kegiatan sangat penting untuk mengajak generasi muda selalu tertib, disiplin, terampil dan kerjasama yang baik dalam satu tim.

“Melalui kegiatan fasilitasi aksi bhakti sosial kepemudaan LTBB dan Lomba Lintas Alam merupakan kegiatan rutin setiap tahun untuk membangun pemuda pemudi Banyuasin lebih kreatif, menadiri dan memiliki semangat persatuan dan kesatuan untuk membangun NKRI yang kita cintai,” pungkasnya. (Adam)

Post a Comment