BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com-- Sejak dipercaya menjadi Kepala Desa (Kades) oleh masyarakat Desa Lubuk Lancang, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin Rusdi Tamrin terus menorehkan pembangunan desa yang telah dipimpinnya selama 2 priode.

Kades Tamrin memprioritaskan pembangunan yang menyentuh masyarakat luas, bagi di dalam desa maupun di luar desa. Bangunan yang telah dilaksanakannya yakni, membangun peningkatan pengerasan jalan yang menghubungkan dusun ke dusun dalam desa.

Selain itu membangun flat deuker, dan membangun siring yang juga sebagai penahan badan jalan agar tidak tergrus oleh derasnya air yang mengalir di atas badan jalan.

Kepala Desa (Kades) Lubuk Lancang Rusdi Tamrin mengatakan, kepercayaan masyarakat harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena untuk membangun desa tidak semudah yang dipikirkan sebelumnya.

"Karena ada juga masyarakat yang tidak mendukung sepenuhnya dalam pembangunan, dan juga dalam perbedaan politik dalam pemilihan kades sebelumnya," kata dia pada media ini. Jum'at (14/09).

Tetapi terang dia, atas kerja keras dan terus bersama warga, akhirnya warga Desa Lubuk Lancang bersatu untuk membangun desa dan terbukti apa yang telah diberikan oleh pemerintah melalui anggaran dana desa dan alokasi dana desa.Pembangunan bisa berlangsung dengan baikk hingga masuk pekerjaan 100 persen.

"Sekarang ini tidak ada perbedaan antara warga dengan pemerintah. Semua bersatu untuk membangun desa,” kata kades yang dikenal peramah dan suka membantu orang membutuhkan bantuannya.

Dikatakan dia bahwa untuk dana desa tahun 2018 tahap ke satu dan tahap ke dua kini dia memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan lingkungan yang terletak di wilayah Rt. 01, Rt. 06 Rt. 14  dan Rt.15 dengan total panjang 575 meter dan lebar 3 meter. 

"Dana desa tahun ini kita telah membangun jalan lingkungan dimana di Rt. 01 sepanjang 200 meter, di Rt. 06, Rt. 14 serta Rt. 15 sepanjang 125 meter dengan lebar 3 meter dengan total sepanjang 575 meter," beber dia.

Dia juga mengungkapkan bahwa untuk dana desa tahap ke tiga tahun 2018 ia akan membangun gedung Paud yang berlokasi di Dusun V Pandan serta sereng jalan yang berlokasi di Rt. 05 Dusun II.

Terpisah, Camat Suak Tapeh Haris Bahari, S.STP, M.Si saat dihubungi mengatakan, upaya keras Desa Lubuk Lancang untuk membangun desa, memang luar biasa geliarnya. Berbagai bangunan infrastruktur jalan sudah terpenuhi dengan kondisi jalan desa semua sudah pengerasan jalan.

Desa Lubuk Lancang selangkah lagi, menjadi mulus. Cukup dilakukan pengaspalan dibagian badan jalan sudah cukup.
Saya harapkan, jelas dia, tidak hanya di Desa Lubuk Lancang pembangunan terus berkembang. 

"Diharapkan juga desa-desa lain menyusul dan berlomba-lomba untuk memanfaatkan anggaran yang telah dikucurkan oleh pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat untuk membangun desa,” harap dia. (Adam)

Post a Comment